Jenis-Jenis Bahan Kain yang Laris di Online Shop




Tren belanja online semakin hari semakin tinggi. Hal ini dapat dilihat dengan makin banyaknya pilihan belanja di e-commerce. Promo-promo yang ditawarkan oleh platform-platfom ini semakin membuat orang tertarik berbelanja lewat online shop.


Dengan berbelanja online, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya-biaya bayangan seperti ketika Anda berbelanja secara langsung. Biaya-biaya bayangan itu seperti makan, jajan, atau membeli barang yang tidak masuk dalam daftar belanja Anda.


Variasi barang-barang yang ada di market place pun semakin beragam. Anda dapat mencari kebutuhan sehari-hari sampai ke kebutuhan primer seperti aksesoris, otomotif, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.


Bahan Kain yang banyak dijual di online shop

Jika Anda sedang menekuni dunia menjahit dan tidak memiliki banyak waktu luang. Anda bisa mulai mencoba membeli bahan kain secara daring. Membeli barang online, tentu saja akan memudahkan Anda dan menghemat banyak waktu. 

Hanya saja jika Anda tidak memahami betul bagaimana karakteristik sebuah bahan, Anda mungkin akan keliru membeli bahan kain yang Anda inginkan. Inilah beberapa kain yang banyak dijual secara online:


  1. Brokat

kain brokat

Kain Brokat (Sumber: blibli)

Bahan yang paling banyak dicari orang di market place adalah kain brokat atau brukat. Penggunaan kain brokat sendiri pasti sudah tidak asing di masyarakat Indonesia. kain brokat biasanya digunakan sebagai bahan dasar kebaya, untuk memberi aksen berbeda pada pakaian. Sekarang ini, kain brokat bukan hanya dapat Anda pakai sebagai bahan utama kebaya. Tetapi Anda juga bisa membuat gaun dari bahan brokat atau sekedar memberi aksen pada atasan Anda.


Hanya saja Anda harus menambahkan puring ketika menggunakan kain brokat untuk kenyamanan Anda. karena tekstur kain brokat ini cenderung kasar dan tidak menyerap keringat.


  1. Katun Jepang

Bahan kedua adalah Katun Jepang. Katun Jepang memiliki rating kedua teratas pada pencarian di platform market place. Katun Jepang banyak dimanfaatkan menjadi sprei karena bahan kain ini memiliki tekstur halus dan nyaman. Katun jepang tidak hanya dijadikan sprei, tetapi bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar mukena. Motif dari bahan kain ini pun sangat bervariasi.

Kain Katun Jepang (Sumber: liputan6)


  1. Rayon

Bahan rayon adalah salah satu bahan yang banyak dicari di platform-platform market place. Bahan rayon ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan pakaian jadi seperti daster atau piyama. Tekstur bahan rayon sendiri halus dan lembut. Karena teksturnya lembut ini, bahan rayon banyak sekali dimanfaatkan untuk baju rumah.

Kain Rayon (Sumber: shutterstock)


  1. Ceruti

Bahan kain ceruti adalah bahan kain yang banyak Anda temui pada blouse-blouse Wanita. Bahannya yang cenderung lembut dan tidak mudah kusut masih jadi favorit untuk bahan blouse Wanita. Hanya saja bahan ceruti ini tidak mudah menyerap keringat, sehingga untuk penggunaannya Anda harus menambahkan bahan lainnya agar memberikan kenyamanan.

Kain Ceruti (Sumber: hijup)


  1. Toyobo

Bahan kain toyobo adalah bahan kain yang memiliki tekstur bergaris yang merupakan ciri khas dari bahan kain ini. bahan kain toyobo ini sendiri walaupun tebal tapi tetap nyaman dipakai. Toyobo sendiri banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk pakaian jadi seperti blouse atau atasan-atasan Wanita.

Kain Toyobo (Sumber: shutterstock)


  1. Flanel

Siapa yang tidak kenal dengan kain flanel,dengan corak yang khas membuat kain flannel mudah dikenali. Bahan kain flanel sendiri banyak digunakan untuk bahan kemeja. Motif yang ada pada bahan kain flanel seperti tidak pernah mati. Buktinya hingga saat ini bahan flannel masih banyak dicari.

Kain flanel (Sumber: shutterstock)


Itulah beberapa bahan kain yang banyak dicari di online shop. Dengan memahami karakter dasar dari bahan kain, Anda akan mendapatkan kemudahan ketika berbelanja di platform-platform market place kepercayaan Anda.


Baca Juga :


Tidak ada komentar