Mudah dan Cepat, Begini Cara Menghilangkan Jamur di Baju yang Membandel!

Ada banyak faktor yang bisa membuat pakaianmu terkena noda jamur. Seperti kebiasaan tidak mencuci baju setelah digunakan hingga penyimpanan yang tidak benar. Jika sudah begitu, lantas bagaimana cara menghilangkan jamur di baju yang membandel?

Sebenarnya tidak sulit, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya jamur hilang dan membuatnya kembali seperti baru. Ini juga akan membantu menghilangkan bau tak sedap yang biasanya menyertai munculnya jamur tersebut. Tidak perlu berlama-lama, berikut simak caranya.

 


Cara Membersihkan Jamur di Baju

1. Menggunakan Soda Kue

Selain berguna untuk memasak, soda kue atau baking soda dikenal punya kemampuan yang ampuh untuk menghilangkan berbagai noda. Ternyata bahan ini juga bisa lho kamu gunakan untuk membersihkan noda jamur yang ada pada pakaian. Itu karena soda kue punya kandungan agen antifungal yang bisa membasmi pertumbuhan jamur.

Adapun cara menggunakannya yaitu dengan melarutkan soda kue di dalam air. Kemudian oleskan larutan tersebut pada bagian pakaian yang terdapat noda jamur. Diamkan selama 15 menit, lalu gosok menggunakan sikat gigi dengan lembut. Terakhir, bilas dengan air dan cuci baju seperti biasa.

 

2. Menggunakan Cuka Putih

Selain soda kue, cara menghilangkan jamur di baju juga bisa menggunakan cuka putih. Bahan ini dapat sekaligus membantu menghilangkan bau tidak sedap yang ada pada pakaian. Mengingat bahwa baju yang terkena jamur seringkali disertai dengan bau apek yang menusuk hidung.

Untuk itu, kamu dapat mencampurkan setengah cangkir cuka putih bersama setengah cangkir air. Supaya lebih mudah mengaplikasikannya, masukkan ke dalam botol semprot. Setelah itu semprotkan air cuka tersebut pada bagian pakaian yang terkena jamur. Diamkan pakaian selama beberapa jam, kemudian lanjutkan proses mencuci dengan deterjen seperti biasa.

 

3. Rendam dalam Larutan Lemon

Tidak sulit ditemukan, lemon pun dapat kamu gunakan untuk membantu membasmi jamur pada pakaian. Itu karena lemon mengandung asam sitrat yang memiliki sifat anti jamur dan anti mikroba alami, sehingga bahan ini dikenal begitu ampuh dalam menghilangkan noda jamur.

Cara penggunaannya bahkan sangat mudah, sebab kamu bisa langsung merendam pakaian ke dalam larutan lemon. Bahannya aman, jadi kamu tidak perlu khawatir serat kain akan rusak. Gunakan campuran air hangat dan lemon untuk merendam baju yang berjamur selama 30 menit. Selanjutnya gosok perlahan di bagian yang terdapat noda jamur, lalu lanjutkan cuci seperti biasa.

 



4. Andalkan Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian yang banyak dijual di pasaran merupakan salah satu cara menghilangkan jamur di baju yang sangat praktis. Dan tingkat efisiensinya termasuk sangat tinggi dalam membasmi jamur, begitu pula dengan berbagai noda membandel lainnya yang melekat pada pakaian.

Hanya saja, pemutih ini hanya dapat digunakan pada pakaian berwarna putih dan tidak disarankan pada pakaian berwarna lain. Selain membersihkan jamur di baju, pemutih pakaian juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi jamur di permukaan dinding, lantai, dan meja.

 

5. Garam

Jika tidak ada waktu membeli bahan-bahan di atas, kamu bisa mencari garam yang ada di dapur. Bumbu dapur yang menjadi rahasia masakan sedap ini ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan jamur.

Itu karena garam punya sifat asam yang mampu menetralisir bau, dan membunuh jamur serta bakteri. Untuk cara penggunaannya kurang lebih tidak jauh berbeda. Kamu bisa melarutkan satu sendok garam ke dalam air. Kemudian rendam baju yang terkena jamur ke dalam larutan tersebut. Setelah itu lanjutkan mencuci baju seperti biasanya.

 

Itu dia beberapa cara menghilangkan jamur di baju yang patut kamu coba. Mulai sekarang, pastikan pakaian dalam keadaan bersih dan kering sebelum disimpan agar dapat mencegah pertumbuhan jamur. Jika perlu, lemari pakaian sebaiknya memiliki ventilasi untuk mengatur kelembapan di dalamnya. Dengan begitu, maka pakaian tidak akan mudah berjamur dan lebih awet.


Tidak ada komentar