Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Sunblock, Sunscreen Dan Body Lotion Biasa

 

Perbedaan Sunblock SPF Dan Body Lotion Biasa


Sebagian orang banyak yang mengira bahwa sunblock dengan SPF hampir sama dengan body lotion. Namun, apabila kamu mencari tahu lebih lanjut, keduanya memiliki perbedaan. Agar tak salah pilih dan bisa memakainya dengan tepat, kenali terlebih dahulu perbedaan sunblock SPF dan body lotion biasa dalam ulasan berikut ini.

Daftar Isi :

Perbedaan Sunblock Dengan Body Lotion Biasa

1. Body Lotion Biasa (Tanpa SPF)

contoh body lotion


contoh body lotion biasa tanpa SPF (harpersbazaar.com)


Pertama akan dibahas lebih dulu mengenai body lotion. Pelembab satu ini memang memiliki tekstur yang lebih encer apabila kamu bandingkan dengan pelembab kulit yang lain. Untuk itu, jika kamu sedang mencari dan membutuhkan pelembab yang bisa digunakan oleh seluruh tubuh, maka pelembab satu ini memang paling tepat untuk kulit anda.

Selain itu body lotion juga merupakan produk yang sangat pas apabila kamu memiliki jenis kulit normal dan cenderung kering namun tak bermasalah atau sensitif. Lalu, kamu pun juga perlu memilih jenis lotion yang memiliki tekstur tidak terlalu berminyak dan mampu menyerap dengan cepat ke kulit.

Kemudian, jika membahas perbedaan sunblock SPF dan body Lotion ini memang memiliki hal yang tidak sama. Contohnya saja adalah waktu penggunaanya. Seperti yang kamu tahu, penggunaan body lotion ini memang paling tepat apabila kamu gunakan setelah mandi. Hal ini lantaran ketika selesai mandi, maka pori pori kulit akan dalam keadaan yang terbuka.

Itulah mengapa saat saat tersebut, body lotion memiliki penyerapan yang baik. Tidak hanya itu saja, body lotion ini sebaiknya bisa kamu gunakan apabila kulit terkena air. Contohnya saja seperti setelah cuci tangan. Hal ini lantaran ketika kulit terkena air maka cenderung akan menjadi lebih kering.

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan body lotion ini ketika malam hari atau sedang tidak bepergian ke luar dan ke tempat yang panas. Sebab, ketika kamu memakai pelembab ini sebelum tidur, maka kamu pun akan membiarkan kondisi lembab di malam hari. Dengan begitu, regenerasi sel yang ada ketika kamu tidur nantinya akan berjalan dengan lebih lancar.


2. Sunblock SPF


contoh sunblock dengan SPF
contoh sunblock dengan SPF (standard.co.uk)

Untuk Perbedaan sunblock SPF dan body lotion juga bisa dilihat dari kegunaan sunblock sendiri. Jika kamu memiliki aktivitas di rumah saja, maka tak mengapa jika kamu hanya menggunakan body lotion setelah mandi. Namun, jika kamu memiliki segudang aktivitas di luar ruangan, maka penggunaan body lotion saja tidak cukup.

Melainkan kamu juga memerlukan sunblock yang memiliki kandungan SPF tinggi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Untuk cara kerja dari sunblock sendiri adalah mampu mencegah agar sinar UVA dan UVB tidak masuk ke dalam kulit. Untuk cara kerjanya sendiri dengan melindungi kulit dari permukaan.

Baca juga : Memahami Arti Angka SPF

Sedangkan untuk penggunaannya sendiri, kamu hanya cukup mengoleskan sunblock secara merata ke kulit atau tubuh. Terutama kulit kamu yang tidak tertutup pakaian, seperti tangan dan juga kaki bahkan muka. Hal ini bertujuan agar seluruh bagian yang tidak tertutup akan terhindar dari sinar UV yang dipancarkan oleh matahari.


Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Setelah tadi mengetahui apa itu SPF, ada lagi istilah lain yang mungkin akan cukup membingungkan ketika membeli produk bodycare ini, yaitu sunscreen dan sunblock. Terkadang ada lotion ber-SPF yang bertuliskan sunscreen atau sunblock di packaging produknya. Namun pada dasarnya keduanya adalah produk tabir surya. Lantas apa perbedaannya ?

Sunscreen  bekerja dengan cara menembus dan menyerap atau menfilter sinar matahari sebelum sinar UV tersebut masuk ke lapisan kulit, kemudian mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Namun sunscreen ini biasanya hanya efektif untuk menangkal sinar UV jenis UVB.

Sedangkan sunblock merupakan tabir surya yang bekerja dengan cara menghalangi atau mem-block serta memantulkan sinar matahari yang masuk ke lapisan kulit. Biasanya sunblock ini menggunakan material titanium dioksida atau zinc oksida. Sunblock ini dinilai lebih efektif daripada sunscreen karena dapat melindungi kulit dari 2 jenis sinar UV sekaligus yaitu UVA dan UVB.

Lebih Baik Mana, Sunscreen atau Sunblock ?

Karena keduanya merupakan produk tabir surya, namun cara kerjanya berbeda dalam menfilter 2 jenis sinar UV dimana sunscreen hanya dapat menghalau sinar UVA sedangkan sunblock dapat menghalau sinar UVA dan UVB. Sehingga lebih bagus menggunakan sunblock untuk perlindungan maksimal.

Dengan mengetahui perbedaan sunblock SPF dan body lotion ini tentunya akan membuat kamu nantinya bisa mengaplikasikan produk sesuai dengan yang kamu inginkan. Itulah mengapa penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaan dari kedua pelembab untuk kulit ini.


Setelah mengetahui fungsinya masing masing baik dari body lotion dan juga sunblock SPF, maka kamu pun bisa memilih jenis yang kamu inginkan. Sebab, banyak sekali produk produk yang mulai bertebaran dengan memiliki manfaat terbaik. Untuk itu, kamu pun tinggal memilih sesuai dengan selera dan juga kebutuhan.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Sunblock, Sunscreen Dan Body Lotion Biasa"