Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Jenis Bahan Hijab Kerudung yang Nyaman untuk Muslimah

 

6 jenis bahan hijab paling nyaman untuk muslimah




Muslimah tentu tidak ingin terlihat risih atau gampang gerah ketika menggunakan hijab, apalagi yang sedang berada di lingkungan yang panas. Maka supaya tetap bisa nyaman ketika menggunakna jilbab, harus pintar-pintar pilih jenis kerudung nih, ladies. Jenis bahan hijab juga biasanya mempengaruhi pemilihan model kerudung nih. 

Bahan Kerudung yang Nyaman dan Bagus untuk Sehari-hari atau Bepergian

Dari banyak bahan yang ada dan bisa digunakan untuk membuat sebuah kerudung. Ada beberapa yang menjadi jenis bahan hijab yang paling nyaman digunakan untuk Muslimah seperti kamu. Berikut ini sudah aku sajikan listnya supaya bisa jadi referensi memilih bahan di toko kain atau toko kerudung.

Daftar Isi


Kain Katun

kain katun hijab


Jenis bahan hijab yang paling nyaman untuk Muslimah pertama adalah jenis katun. Bahan yang populer digunakan hampir semua jenis pakaian ini memang memiliki tingkat kenyamanan yang baik. Begitu juga kerudung, bahan ini sering dicari Muslimah karena memang bikin nyaman kalau sedang digunakan serta karakteristik dari bahan katun sendiri yang mudah menyerap keringat, sehingga tidak mudah bau apek meskipun dipakai di cuaca panas.

Kain Sifon / Chiffon

kain sifon / chiffon jilbab


Terbuat dari serat kapas yang lembut ada juga campuran sutra dan serat sintesis. Sifon menjadi bahan yang memiliki terkstur tipis dan licin, terlihat transparan (karena tipis). Beratnya yang ringan dan tipis bisa membuat Muslimah nyaman, terhindar dari rasa gerah karena seharian menggunakannya

Kain Ceruti

kain ceruti hijab


Mirip dengan sifon, ceruti juga nyaman digunakan oleh Muslimah. Ceruti adalah turunan dari kain chiffon (sifon) dengan tekstur khas seperti kulit jeruk. Namun bahannya sendiri agak lebih tebal dari kain katun sehingga tidak menerawang, selain itu bentuknya yang lebih elastis membuat kain ceruti lebih cocok digunakan untuk dikreasikan menjadi berbagai style. Hanya saja kain jenis ini agak mudah mengerut sehingga perlu disetrika lebih lama dibandingkan kain lain. 

Kain Voal

kain katun voal hijab


Voal sendiri berasal dari kata voile (bahasa Perancis) untuk kata veil yang berarti penutup. Menjadi salah satu bahan hijab yang diburu Muslimah karena memang sedang ngetrend nih ladies. Voal ini memiliki tekstur lembut, halus dan ringan tetapi tidak transparan. Kain voal sendiri terbuat dari katun dan merupakan salah satu jenis kain favorit saya nih, karena dia tuh mudah banget dibentuk dan gak gampang geser ketika dipakai. 

Kain Corn Skin

kain cornskin hijab


Mengapa kain ini dinamakan dengan nama Corn Skin (kulit jagung)? Ternyata jawabannya adalah kareana tekstur bahan corn skin memang mirip seperti tekstur kulit jagung. Ringan dan nyaman, tidak membuat gerah meskipun dipakai siang hari. 

Kain Satin / Silk

kain satin silk licin untuk hijab


Bahan ini mungkin saja bahan yang paling glowing jika dibandingkan dengan bahan lainnya. Bahan satin juga cenderung tebal dan tidak menerawang. Teksturnya yang lembut dan mudah dibentuk, membuat satin menjadi salah satu yang nyaman digunakan pada saat acara fomal. Meski tebal, satin tidak membuat pemakainya menjadi gerah. Tekstur kain satin yang berkilau ini cocok juga untuk acara pesta. Bagus juga dipadukan dengan atasan blazer, jas hingga brukat.

Penutup

Berikut jenis bahan hijab yang bisa membuat pemakainya nyaman, tidak gerah. Bentuknya yang mudah diubah-ubah (mudah dibentuk) menjadi bentuk kerudung yang beragam, dan teksturnya yang lembut dan halus biasa menjadi alasan kenapa banyak Muslimah mencari bahan-bahan tersebut. Tapi jangan lupa ya, ladies untuk selalu menjaga kebersihan pakaian. Jangan sampai kerudung dipakai lebih dari satu hari, apalagi jika telah dipakai untuk beraktifitas seharian diluar.



6 komentar untuk "6 Jenis Bahan Hijab Kerudung yang Nyaman untuk Muslimah"

  1. mantap nih.. ide buat buat saya mau belikan si doi😁, gak paham soalnya untuk urusan ginian🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi kalau bisa carikan yg mereknya suka dipake artis 😬

      Hapus
  2. Bahan yang paling bagus dan enak digunakan untuk permpuan yang rambutnya lembab itu yang mana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai bahan katun aja kak soalnya itu bisa nyerap keringat jg dan ga gampang bau apek nan
      nanti kainnya

      Hapus
  3. Kalau prasmina itu biasanya pakai bahan jenis apa ya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya pakai bahan katun kak biar lebih jatuh bahannya :D

      Hapus