5 Cara Mengukur Kaki untuk Sepatu Saat Beli Online Agar Pas dan Nyaman Dipakai

 Tersedianya e-commerce dan banyaknya pelaku bisnis yang melakukan digitalisasi, membuat belanja online menjadi kian mudah. Ada banyak barang yang kini bisa kamu beli secara online, termasuk sepatu. Akan tetapi, kamu perlu tahu bagaimana cara mengukur kaki untuk sepatu saat beli online agar tidak keliru.

Mengingat bahwa sepatu yang kamu beli online tidak bisa dicoba terlebih dahulu, maka informasi ini sangat penting untuk diketahui. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan sepatu yang benar-benar pas di kaki. Bagaimana caranya? Yuk simak ulasan berikut.

 


Cara Mengukur Kaki Saat Beli Sepatu

1. Mengukur Pada Sore Hari

Sebelum mengukur kaki saat hendak membeli sepatu online, pastikan kamu mengukurnya pada saat hore. Kenapa harus sore hari? Beberapa orang mungkin belum tahu hal ini, tapi ukuran kaki ternyata bisa berubah-ubah lho.

Meskipun bedanya mungkin tidak terlalu jauh dari ukuran saat pagi hari, tapi ukuran kaki di sore hari akan mencapai ukuran yang paling melar. Itu karena ukuran kaki menjadi lebih melar lantaran peredaran darah yang lancar setelah beraktivitas seharian. Jadi sebaiknya kamu mengukur kaki di sore hari supaya sepatu nantinya nyaman digunakan.

 

2. Gambar Kaki di Atas Kertas

Cara mengukur kaki untuk sepatu saat beli online yaitu pertama-tama kamu perlu menyiapkan beberapa alat. Seperti selembar kertas ukuran A4 atau folio , pensil atau pena, dan penggaris atau meteran. Setelah itu, kamu bisa mulai menggambar kaki di atas selembar kertas yang telah disiapkan.

Gambarlah jejak kakimu sesuai dengan bentuk aslinya menggunakan pensil atau pena. Supaya hasilnya lebih akurat, lakukan dengan posisi jongkok atau duduk di tempat yang permukaannya datar.

 

3. Ukur Menggunakan Penggaris atau Meteran

Jika sudah menggambar kaki di atas kertas, sekarang kamu bisa mengukurnya menggunakan penggaris atau meteran. Ukur mulai dari ujung jari kaki sampai tumit, kemudian kamu bisa menambahkan sekitar 0,5 cm pada ukuran telapak kaki. Tujuannya yaitu untuk menambahkan sedikit ruang agar jari kaki terasa nyaman serta tidak lecet.

 

4. Cek Tabel Ukuran Sepatu

Setelah mendapatkan ukuran kaki, cara mengukur kaki untuk sepatu saat beli online tidak berhenti di sini. Kamu perlu cek tabel ukuran sepatu untuk mengetahui size sepatu yang paling cocok di kaki.

Tabel ukuran sepatu setiap brand mungkin dapat bervariasi, jadi jangan lupa memeriksa size chart yang disediakan sebelum membeli. Namun umumnya ukuran standar yang biasa digunakan antara lain size 37: 24 cm, 38: 24,5 cm, 39: 25 cm, 40: 25,5 cm.

Di Indonesia sendiri, ukuran sepatu dari brand lokal seringkali mengacu pada sistem ukuran EU. Meski begitu, ada juga yang menggunakan ukuran US sebagai acuan. Oleh karena itu, kamu harus selalu memeriksa panduan ukuran yang disediakan oleh penjual sebelum membeli.

 



5. Perhatikan Model Sepatu

Satu lagi yang tidak boleh disepelekan, yakni model sepatu yang hendak dibeli. Sebab beda model sepatu mungkin akan membuat ukuran sepatu yang kamu butuhkan juga berbeda. Misalnya saat kamu ingin membeli heels, belum tentu ukurannya sama dengan saat membeli sepatu sneakers.

Apalagi jika kamu memilih sepatu heels dengan model bagian depan yang meruncing. Kemungkinan besar kamu perlu memilih satu ukuran di atas ukuran sepatu yang biasa digunakan supaya lebih nyaman.

 

Demikian cara mengukur kaki untuk sepatu saat beli online agar pas dan nyaman dipakai. Kamu juga bisa melihat terlebih dahulu review dari para pembeli sebelumnya. Jadi kamu bisa mengetahui apakah ukuran sepatu yang diterima memang sesuai dengan deskripsi yang diberikan toko atau tidak. Semoga membantu!


Tidak ada komentar