8 Cara Menghilangkan Noda Luntur di Baju Putih Paling Ampuh, Wajib Coba!

Baju putih yang terkena noda luntur merupakan pengalaman apes yang cukup banyak terjadi. Jika begini, kamu mungkin merasa bahwa baju putih tersebut sudah tidak bisa digunakan kembali. Tapi sebenarnya ada kok cara menghilangkan noda luntur di baju putih yang ampuh.

Jangan langsung bersedih dan segera membuangnya, apalagi jika itu baju kesayangan yang masih baru. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat noda hilang dan pakaian kembali bersih.

 


Cara Mengatasi Noda Luntur di Baju 

1. Pemutih Tanpa Klorin

Cara paling mudah mengatasi noda luntur pada pakaian berwarna putih adalah dengan menggunakan pemutih tanpa klorin. Pemutih tanpa klorin ini bisa membantu menghilangkan noda luntur tanpa merusak serat pakaian. Akan tetapi, pastikan kamu mengecek terlebih dahulu apakah ada label pada pakaian yang melarang penggunaan pemutih atau tidak.

 

2. Aseton

Apabila noda lunturnya tidak begitu banyak, kamu bisa menggunakan aseton untuk menghilangkannya. Caranya yaitu dengan mengoleskan sedikit aseton ke bagian yang terkena noda luntur. Kamu bisa menggunakan cotton bud untuk mengaplikasikan aseton, setelah itu biarkan selama sekitar 30 menit dan cuci baju seperti biasa.

 

3. Alkohol

Alkohol pembersih luka di kotak P3K di rumah juga bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan noda luntur di baju putih. Sebagai cairan anti luntur, alkohol ini sangat mudah digunakan. Cukup gunakan beberapa tetes saja di atas noda dan biarkan selama beberapa menit. Maka noda luntur pada pakaian pun akan menghilang secara perlahan.

 

4. Air Soda

Selain aseton dan alkohol, cairan anti luntur lainnya yang dapat dimanfaatkan yaitu air soda. Kamu bahkan masih bisa mencoba cara ini setelah baju kelunturan lebih dari 24 jam. Adapun caranya dengan mencampurkan air soda ke dalam ember, kemudian rendam pakaian semalaman di dalamnya. Kamu bisa membilas dan mencuci baju seperti biasa di pagi harinya.

 



5. Deterjen dan Air Panas

Berikutnya, campuran deterjen dan air panas. Campuran ini bisa menjadi solusi yang efektif untuk menghilangkan noda luntur, khususnya untuk noda yang belum terlalu lama menempel. Kamu bisa merendam pakaian di dalam campuran deterjen dan air panas selama beberapa saat. Setelah itu, bilas baju menggunakan air dingin dan jemur di bawah sinar matahari.

 

6. Garam

Hampir semua orang pasti punya stok garam di dapur, jadi cara menghilangkan noda luntur di baju putih satu ini patut kamu coba. Bumbu masak yang memiliki sifat abrasif tersebut akan membantu meluruhkan noda luntur, caranya dengan menaburkan garam di atas noda. Selanjutnya diamkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

 

7. Larutan Jeruk Nipis

Jeruk nipis punya kandungan asam yang bisa membantu dalam mengurangi noda luntur pada pakaian putih. Kamu pun bisa mengombinasikannya dengan garam supaya lebih efektif. Semprotkan larutan jeruk nipis dan garam ini pada bagian noda luntur. Berikutnya gunakan sikat gigi untuk menggosok bagian tersebut secara perlahan. Tunggu sekitar 30 menit dan cuci pakaian.

 

8. Baking Soda

Cara lainnya yang tidak kalah mudah yaitu menggunakan baking soda atau soda kue. Bahan ini mudah diperoleh di pasaran, jadi kamu tidak akan kesulitan. Kamu bisa melarutkan baking soda bersama deterjen supaya dapat menghilangkan noda secara optimal. Rendam baju putih yang kelunturan di dalam campuran tersebut selama kurang lebih 15 menit, lalu cuci sampai bersih.

 

Baju putih kesayanganmu kelunturan? Yuk coba cara menghilangkan noda luntur di baju putih yang telah dijabarkan di atas. Sebaiknya cara-cara ini segera dilakukan, tepat setelah kamu mengetahui adanya noda luntur pada pakaian. Karena semakin lama dibiarkan, maka noda akan semakin sulit hilang. Selamat mencoba!


Tidak ada komentar