10 Bahan Pembersih Alat Makeup Alami yang Ada di Rumah

 

10 Bahan Pembersih Alat Makeup Alami yang Ada di Rumah


Perlu kamu ketahui bahwa alat makeup yang kotor seperti halnya brush maupun spons akan membuat bakteri menjadi semakin menumpuk. Maka dari itu, kamu harus rajin membersihkan alat makeup tersebut supaya tidak membuat kulit wajah mudah berjerawat. Kalau kamu belum tahu caranya, maka gunakan bahan pembersih alat makeup yang ada di rumah saja, berikut tipsnya.

Daftar Isi :

1. Air Hangat

Bahan pembersih alat makeup yang ada di rumah ini bisa kamu gunakan karena sangat gampang dicari. Cukup panaskan setengah baskom air saja lalu tinggal masukkan semua peralatan makeup yang kotor itu tadi satu per satu. Setelah itu, ganti airnya secara berkala supaya noda maupun bekas kotoran yang ada pada peralatan make up tersebut menghilang secara tuntas.

2. Sabun Bayi

Perlu kamu ketahui bahwa sabun bayi ternyata dapat digunakan untuk membersihkan alat makeup yang dipenuhi dengan kotoran. Bagi kamu yang ingin membersihkan peralatan makeup secara mendetail maka sabun bayi ini merupakan solusi tepat yang bisa dipilih. Hal ini tidak lain karena sabun bayi ini mampu melindungi bulu-bulu brush makeup milik kamu supaya tetap lembut.

3.Shampo

Jika kamu tidak mempunyai sabun bayi, maka cukup gunakan bahan pembersih alat makeup yang ada di rumah ini saja. Di mana kamu hanya tinggal membasahi semua peralatan makeup tersebut dengan menggunakan air biasa saja lalu berikan shampo secukupnya dan kucek berkali-kali sampai bersih. Lakukan secara perlahan supaya bulu-bulu brush makeup tersebut tidak cepat rontok dan pastinya tetap terawat.

4. Minyak Zaitun / Olive Oil

Bukan rahasia umum lagi jika minyak zaitun mengandung banyak sekali manfaat apalagi untuk membersihkan alat makeup. Caranya sendiri sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok makan minyak zaitun dengan 2 sdm sabun cuci piring dalam satu wadah saja. Setelah itu balurkan spons makeup yang kotor tadi ke dalam campuran larutan tersebut sambal terus dipijat dengan lembut sampai kotorannya benar-benar hilang.

5. Air Micellar Water / Makeup Remover

Jika kamu ingin menggunakan air micellar water ini untuk membersihkan alat makeup maka lebih baik aplikasikan setelah selesai menggunakannya. Sehingga nantinya cairan makeup remover yang digunakan tersebut tidak terlalu banyak.

6. Yogurt

Tidak hanya semua bahan di atas saja yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan alat makeup. Melainkan, yogurt juga bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan alat makeup tersebut yang mana cara mengaplikasikannya hanya tinggal dibalurkan saja. Jika sudah, berikan pijatan secara lembut pada alat makeup yang kotor tersebut sampai kotorannya benar-benar terangkat kemudian bilas sampai bersih dan keringkan.

7. Baking Soda

Apabila kamu mempunyai baking soda di rumah, maka gunakan untuk menghapus sisa kotoran pada alat makeup itu tadi. Supaya lebih maksimal, kamu bisa menambahkan satu sendok makan madu dan mencampurnya dengan satu sdm baking soda lalu balurkan pada alat makeup tersebut.

8. Susu

Geoffrey Rodriguez yang merupakan penata rias asal Los Amerika Serikat menyatakan bahwa susu yang mempunyai banyak kandungan kalsium dan juga vitamin bisa dijadikan pembersih makeup. Menariknya lagi, ternyata bahan yang satu ini sudah lama digunakan berabad-abad yang lalu di seluruh dunia untuk membersihkan alat makeup.

9. Lidah Buaya

Jenis tanaman hias yang satu ini ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit saja. Melainkan lidah buaya juga sangat bagus untuk membersihkan alat makeup karena gel yang dimilikinya tersebut terbukti ampuh menghilangkan noda maupun kotoran. Cukup balurkan gel lidah buaya tersebut pada alat make up yang kotor setelah itu diamkan beberapa saat lalu bilas sampai bersih dan keringkan di tempat yang sejuk.

10. Minyak Kelapa

Bahan alami yang terakhir ini bisa kamu jadikan untuk membersihkan alat makeup. Sehingga nantinya alat makeup kamu akan terbebas dari segala macam noda maupun kotoran yang membandel.

Itulah  ulasan artikel mengenai berbagai macam bahan pembersih alat makeup yang ada di rumah. Dengan begitu, kamu bisa membersihkan alat makeup tersebut sekarang juga karena prosesnya yang sangat mudah untuk dipraktekkan. 

Baca Juga : 5 Alat Khusus Pembersih Kuas Makeup Wajib Punya!



Tidak ada komentar