Cerita di Balik Semua Lagu di Album Tulus - Manusia

 

Manusia adalah album ke-5 Tulus yang rilis pertama kali dalam versi digital tanggal 3 Maret 2022. Sebelumnya, Tulus sudah rilis salah satu lagu di album Manusia dengan judul Ingkar sebelum bulan Maret.

Haahh.. akhirnya album barunya pecah telor juga. Sebagai yang ngefans sama Tulus, tentu album baru ini cukup ditunggu-tunggu banget. Saya mau coba review dari kuping awam saya dan mencoba menceritakan kembali kisah di balik setiap lagu-lagi di Album Manusia ini.


Cover Album

album manusia tulus


source : Instagram @tulusm


Dari awal Tulus rilis album, covernya selalu simple dan mudah diingat. Kalau sebelumnya cover albumnya bernuansa abu-putih-hitam, kali ini sedikit lebih berwarna yaitu menggunakan warna biru. Ini jenis biru apa ya? Saya sendiri kurang paham, tapi kesan saya pertama kali pas liat warna cover album Manusia ini, rasanya seperti lihat layar TV yang sedang dalam mode AV. Yang pernah ngalamin punya TV tabung pasti paham maksudnya gimana hahaha.. 

Saya belum sempat baca-baca dari sumber lain mengenai makna penamaan album Manusia ini, tapi setelah mendengar semua lagunya, sudah pantas album ini diberikan nama Manusia. Album Manusia fokus ke mimpi, petuah, dan tujuan hidup manusia serta terdapat juga kisah tentang perasaan suka dan duka manusia di dalam album ini untuk pemanisnya.

Daftar Lagu Tulus di Album Manusia

Pesan, Makna dan Inspirasi di Balik Album Manusia

Cerita & Makna Lagu Tujuh Belas

Lagu tentang nostalgia masa-masa di usia 17. Point of viewnya dari seseorang yang sekarang sudah beanjak dewasa dan sudah masuk ke fase hidup dewasa yang benar-benar berbeda dengan media dan lingkungan yang sangat berbeda, tapi lagu ini berpesan kalau age is just a number, kalau kita bisa tetap berjiwa muda, pasti ujian hidup di masa kapanpun akan tetap bisa terlewati asal kita yakin kalau ujian kita ga akan melebihi kemampuan kita. 

penggalan lirik favorit :

Sederas apa pun arus di hidupmu

Genggam terus kenangan tentang kita

Seberapa pun dewasa mengujimu

Takkan lebih dari yang engkau bisa


Cerita & Makna Lagu Kelana

Ini masuk ke daftar lagu favorit saya nih, hehe. Alunan musiknya pop-jaz gitu. Lagu ini seperti lagi menggambarkan orang-orang yang sedang berkutat dengan pekerjaan, dan lagu ini sedikit banyak menyindir orang-orang yang mobilitasnya tinggi, yang tiap pagi pergi ke kantor sambil melewati kemacetan kota, terutama yang sedang caught up in job gitu, sehingga terkesan terlalu terobsesi dan tenggelam oleh sibuknya pekerjaan serta sering terburu-buru, padahal semuanya bisa dilakukan secara slow down dan gak perlu tergesa-gesa. Lagu ini bikin saya ingat buku yang judulnya The Things You Can See Only When You Slow Down.

penggalan lirik favorit : 

kita ke mana

mau ke mana

hendak mencari apa

menumpuk uang untuk apa


Cerita & Makna Lagu Remedi

Lagunya agak unik karena ada kontribusi terompet dan juga ukulele. Menurutku ini termasuk lagu dengan warna yang berbeda dengan lagu-lagu lainnya di Album Tulus sebelumnya. Lagu ini aku interpretasikan sebagai kisah tentang seseorang yang sedang menyemangati orang terdekatnya yang masih ragu dan gak yakin untuk melangkah mengejar mimpi dan memperbaiki diri, meskipun harus banyak mengorbankan waktu dan harus dilalui dengan kesedihan dan keperihan, namun lagu ini mengingatkan bahwa semua keperihan ini hanya sementara, namanya juga demi menjadi manusia yang bahagia dan memperoleh mimpi.

penggalan lirik favorit :

aku rasakan yakinmu dilawan ragu

tapi sampai kapan kamu menahan-nahan

bila pergi itu solusi untuk kerja mimpimu


Cerita & Makna Lagu  Interaksi

Kalau tadi tentang hidup manusia yang sibuk kejar mimpi, sekarang spesifik ke salah satu kisah tentang perasaan manusia. Sepertinya gak lengkap rasanya kalau Tulus gak bikin lagu tentang secret admirer di albumnya. Seperti lagu "labirin" atau "mengagumimu dari jauh" di album sebelumnya, lagu ini punya cerita yang serupa. Namun bedanya di lagu ini si pelakunya kayaknya insecure banget dan hatinya  mudah rapuh karena dia takut bakal patah hati, jadi dia berharap lebih baik gak ketemu crush-nya sekalian daripada patah hati karena seolah dia tahu kalau kisah cinta dia paling-paling akan berakhir patah hati seperti biasanya.

penggalan lirik favorit :

Alam dan seluruh energinya

Apa dalam ciptanya ada aku

Bila bukan untuk aku

Hindariku dari patah hati itu

Jika dia memang bisa untukku

Sini, dekat dan dekatlah


Cerita & Makna Lagu Ingkar

Lagu ini tentang orang yang gamon alias gagal move on. Sudah fix putus tapi masih suka rindu dan ingat mantan padahal sudah sama pasangan baru. Cerita yang agak umum tapi lagu ini punya lirik dengan kata-kata yang indah dan puitis seperti biasanya.

penggalan lirik favorit :

Aku coba dengan yang baru

Kukira hilang bayangmu

Namun tiap dengan yang baru

Rasanya seperti ku berbohong dan curangimu


Cerita & Makna Lagu Jatuh Suka

Pertama kali liat judulnya, kok lucu banget ya. Udah bukan lagi zamannya bilang jatuh cinta, tapi jatuh suka. Di sini lagunya bercerita tentang orang yang simply suka sama orang alias nge-crush gitu. Setelah memperhatikan liriknya, memang pantas disebut Jatuh Suka karena memang ini tentang kisah orang yang suka dengan pandangan pertama dari sudut pandang orang yang sedang jatuh hati. Ah, kayaknya emang Tulus ini spesialis lagu secret admirer ya :D

penggalan lirik favorit :

Bila kau berkenan, biarkanku di sampingmu

Berkuranglah satu jiwa yang sepi

Ini semua bukan salahmu

Punya magis perekat yang sekuat itu

Dari lahir sudah begitu

Maafkan

Aku jatuh suka


Cerita & Makna Lagu Nala

Seingat saya, ini kali pertama Tulus membuat lagu dengan menggunakan nama orang sebagai judulnya. Lagu ini bercerita tentang Nala yang kecewa karena gak jadi nge-date karena pacarnya batalin sepihak. Cuma dari liriknya, kita tahu kalau Nala sangat berharap bisa jadi nge-date karena dia adalah tipe cewek yang (mungkin) gak terlalu pede dan gak banyak bergaul sama orang-orang apalagi sama lawan jenis. Jujur aja, lagu ini sedikit banyak bikin saya berempati dengan Nala dan vibe lagunya emang sedih sih. Saking sedihnya saya merasa lagu ini mendingan saya skip saja kalau sedang dengar album Manusia :D

penggalan lirik favorit :

Nala figur sederhana

Tak ramai kelilingnya

Sembilan dua lahirnya

Hari besar baginya bila

Melihat benih cinta

Bagi Nala itu langka


Cerita & Makna Lagu Hati-Hati di Jalan

Duh, ini sih lagunya langsung jadi trending topic di sosmed pas baru pertama kali rilis. Bagaimana tidak, dari melodi lagunya pun benar-benar tampak khas dan cocok dijadikan bintang utama untuk album ini, dan liriknya bikin baper maksimal haha. Tapi saya suka dengan cerita di balik lagu ini, karena meskipun kisahnya menyedihkan, tapi ada sikap dewasa di lagu ini, yaitu merelakan dan mengikhlaskan perpisahan padahal awalnya mereka pikir mereka saling cocok dan mereka pikir akan mudah-mudah saja kisahnya dilalui.

penggalan lirik favorit :

Ku kira kita asam dan garam

Dan kita bertemu di belanga

Kisah yang ternyata tak seindah itu

Ku kira kita akan bersama

Begitu banyak yang sama

Latarmu dan latarku


Cerita & Makna Lagu Diri

Lagu tentang self-love dan self-respect yang mampu dibungkus di satu lagu yang praktis di lagu berjudul Diri ini. Tentang memaafkan diri sendiri dan menyembuhkan luka masa lalu. Lagu ini tentu relate dengan orang-orang yang berjuang mencintai diri sendiri dan masih terpenjara oleh masa lalu. Kebeneran banget saya baru baca buku How to Respect My Self dan lagu ini sangat mewakili intisari dari buku tersebut :)

penggalan lirik favorit :

Maafkan semua yang lalu

Ampuni hati kecilmu

Luka-luka hilanglah luka

Biar senyum jadi senjata

Kau terlalu berharga untuk luka

Katakan pada dirimu

Semua baik-baik saja


Cerita & Makna Lagu Satu Kali

Pesan lagu ini adalah : Be Present. Kembali ke fokus album ini yang memang relate dengan perjalanan hidup manusia, lagu ini berpesan untuk fokus saja dengan saat ini dan jangan terburu-buru tapi nikmatilah juga setiap proses dan perubahan fase yang dialami dari masa ke masa. Lagu ini saya bilang masih adek-kakak dengan lagu Kelana karena punya cerita serupa.

penggalan lirik favorit :

Kecil hanya sekali

Muda hanya sekali

Tua hanya sekali

Hiduplah kini


Overall, Album Manusia ini cukup memberikan warna baru buat kuping saya yang memang sudah "hafal" dengan karakter atau ciri khas lagu-lagu Tulus. Seperti biasa, lagu-lagunya Tulus gak pernah ketinggalan pilihan kata yang puitis dan metafora yang manis. Kalau mendengar satu album ini, rasanya seperti mendengar buku self improvement versi musik.  Lirik-liriknya tidak begitu berat, sangat sederhana tapi pilihan diksinya cukup indah.

Kalau bicara soal review album ini secara keseluruhan, saya pribadi gak merasa ada exprerience yang benar-benar menggugah, diantara semua lagu-lagunya di album ini, saya merasa lagunya banyak yang kasih vibe sendu. Meskipun makna lagunya banyak yang luar biasa, tapi listening experience yang saya dapatkan tidak se-menarik atau tidak se-berkesan dibandingkan saat mendengarkan album sebelumnya. Tapi, yang namanya karya seni itu soal selera, jadi saya rasa opini saya tidak akan relevan dengan banyak orang :)

Lagu-lagu yang paling saya suka dari album ini yaitu : Hati-Hati di Jalan, Satu Kali, Jatuh Suka, Kelana dan Interaksi. 


Kamu bisa dengar semua lagunya di sini : https://youtube.com/playlist?list=PLzgVPDDV8B8coULgS5rJYh2HW9dhtjc8b


Kalau kamu suka lagu yang mana?


UPDATE :

Sejak lagu Hati-Hati di Jalan (atau disingkat titi dj) ini viral, saya ingat ada salah satu netizen Twitter yang ngetweet kaya gini kurang lebih : "ayo titi dj jangan mau kalah, bikin lagu judul tulus". 

EH TERNYATA BENERAN DONG TITI DJ BIKIN LAGU PEMBALASAN >_<

Kamu harus denger sih lagunya Titi DJ yang judulnya "to lose" ini, lagunya asik dan manis aja gitu vibenya : https://youtu.be/I7WcHN5VZ8g

2 komentar

  1. Tulisan pertama tentang reviu cerita lagu pertama yg saya baca! Hehe

    Sampai saat ini, sy masih menikmati irama lagu2 tulus, tapi untuk lirik lagu, memang hati2 di jalan yg terasa ok sih.

    Otw dengerin lirik lagu lainnya ah

    BalasHapus
  2. Wah, ini juga kebetulan tulisan pertama saya soal review album hehee..

    Semoga gak tenggelam sama masa lalu ya pas denger lagu Tulus satu album wkwkk

    Terima kasih sudah berkunjung!

    BalasHapus