Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Arti Angka SPF Pada Sunblock atau Sunscreen

 

arti angka spf

Daftar Isi


Ketika kamu membeli produk skincare dan lotion, sering kali mendapati adanya angka SPF yang terdapat di dalam produk tersebut. Perlu kamu tahu, ternyata angka SPF pada lotion dan skincare tersebut memiliki arti dan kandungan tersendiri. Untuk itu, sebelum memilih produk skincare yang kamu inginkan, kenali dulu arti kandungan SPF yang terdapat pada produk tersebut.

Apa Itu SPF?

Sebelum memahami tentang beragam arti angka dari SPF, sebaiknya kamu tahu terlebih dahulu apa arti dari SPF sendiri. SPF memiliki kepanjangan yakni Sun Protection Factor. Dimana dengan adanya produk yang mempunyai kandungan SPF memang dirancang untuk melindungi kulit dari terkena paparan sinar matahari.

Selain itu, dengan adanya SPF juga sebagai penentu seberapa lama waktu anda untuk berhadapan langsung dengan sinar matahari tanpa mengalami adanya sunburn. Umumnya, kulit jenis normal akan bisa bertahan di bawah sinar matahari hanya dalam waktu sekitar 10 hingga 15 menit saja.

Untuk itu, kulit pun perlu mendapatkan perlindungan yang maksimal dengan menggunakan tabir surya. Itulah mengapa angka SPF pada lotion dan skincare yang kamu pakai, memiliki artinya sendiri. Sehingga jumlah SPF nantinya akan menentukan 10 kali lipat kulit tersebut terlindungi sebelum terbakar karena sinar matahari.

Sehingga dapat dikatakan jika SPF yang anda gunakan kandungannya semakin tinggi, maka hal tersebut dapat mengindikasikan bahwa seberapa kuat perlindungan yang dimiliki oleh sunscreen tersebut. Tak hanya itu saja, biasanya sunscreen juga memiliki UVA dan UVB untuk mengkategorikan tipe sinar matahari.

Arti Angka Pada SPF

Setelah mengetahui sekilas tentang pengertian SPF, maka kamu juga perlu tahu tentang arti dari nilai SPF yang terkandung di dalamnya. Sebab nilai SPF yang terkandung pada sebuah produk tersebut, maka akan menjadi penentu seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melindungi kulit yang kamu miliki.

Sehingga, jika angka SPF pada lotion dan skincare yang kamu pakai semakin tinggi, tentunya akan semakin lama perlindungannya. Untuk itu, terkadang memilih SPF juga akan sedikit membingungkan karena adanya beberapa opsi yang berbeda beda. Oleh karena itu, anda perlu untuk memperhatikan arti angka tersebut sebelum membelinya.

Baca Juga : Perbedaan Sunblock dan Body Lotion Biasa

Perbedaan Arti SPF 15, SPF 30 dan SPF 50

Umumnya, untuk SPF 15 mampu untuk menahan hingga 93 persen radiasi sinar UVB. Sedangkan untuk SPF 30 akan mampu untuk menahan radiasi sinar UVB hingga 97 persen. Kemudian, untuk SPF 50, nantinya akan mampu untuk menahan hingga 98 persen dari radiasi sinar UVB.

Menurut penghitungannya sendiri, produk kosmetik yang mengandung SPF 15, maka nantinya akan mampu untuk memberikan ketahanan yakni selama 10 menit dikali 15 tau kurang lebih 2.5 jam. Sehingga jika kamu menggunakan produk satu ini, maka kamu pun harus lebih sering untuk melakukan re – apply.

Apa Arti Re-Apply Sunblock ?

Artinya kita mengaplikasikan kembali sunblock atau sunscreen setelah daya tahan SPFnya sudah hilang atau menipis. Biasanya kalau sehabis wudlu atau habis membasuh muka dengan air lalu kita mau kembali beraktifitas di luar ruangan maka re-apply sunblock ini wajib dilakukan.
Cara menghitung berapa lama daya tahan SPF kita bisa menggunakan rumus ini :

Cara Menghitung Daya Tahan SPF

Selanjutnya, jika kamu menggunakan produk yang mengandung SPF 25, tentunya akan bisa memberikan ketahanan yakni 10 menit dikalikan 25.  Sehingga sulit nya bertahan selama kurang lebih 4 jam. Dan bagi kamu yang memakai SPf 30, akan bertahan sekitar 5 jam serta bagi kamu yang memakai SPF 50, akan bertahan 8 jam. Itulah arti angka SPF pada lotion dan skincare yang kamu gunakan.

Dengan mengetahui arti dari angka angka tersebut, tentunya akan membantu kamu di dalam menentukan jenis SPF yang cocok. Apabila kamu di rumah seharian, kamu bisa menggunakan SPF yang rendah, karena lebih mudah di re apply dan tidak terkena langsung sinar matahari. Apabila berada di luar ruangan seharian, baiknya kamu memakai sunscreen dengan SPF yang tinggi.

 


Posting Komentar untuk "Memahami Arti Angka SPF Pada Sunblock atau Sunscreen"