Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Menggunakan Essential Oil Pakai Diffuser



Sebelumnya aku sudah memberikan ulasan mengenai manfaat berbagai jenis essential oil untuk kesehatan, terutama untuk relaksasi. Kali ini aku mau bahas mengenai manfaat diffuser humidifier  sebagai media untuk menikmati aromaterapi dari essential oil.

Diffuser humidifier sendiri adalah alat yang dapat menyebarkan uap melalui cerobong (?) atau bagian atas diffuser yang kemudian memberikan aroma lembut dari uap tersebut. Diffuser ini termasuk barang elektronik, jadi hanya perlu kabel stop kontak dengan watt yang relatif kecil. Untuk takaran air dan essential oilnya sendiri bergantung dari kapasitas diffusernya, apabila diffusernya berkapasitas maksimal hingga 500 mililiter, kamu bisa coba dulu di ukuran 250mL dan tambahkan 10 - 15 tetes essential oil.

Manfaat Menggunakan Diffuser Humidifier untuk Aromaterapi

Uap dari diffuser ternyata gak hanya bikin rileks, setelah ku baca-baca dari berbagai sumber, diffuser ternyata bisa bantu tidur nyenyak, lho! Berikut ini ulasannya :

1. Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Untuk bisa tidur nyenyak bagi sebagian orang memang sulit, uap diffuser ini ternyata apabila dinyalakan sebelum tidur bisa membuat rileks sehingga membuat tidur lebih mudah dan nyenyak. Beberapa aroma essential oil yang bisa membuat tidur nyenyak antara lain eucalyptus dan chamomile.

2. Melancarkan Pernafasan

Aku gak punya masalah penafasan, tapi temenku ada yang merasa lebih lega dan gak alergi dan bersin-bersin lagi semenjak dia menghirup uap diffuser setiap pagi. Uap diffuser ternyata bisa melancarkan pernafasan dan juga membuat nafas lebih lega.

3.Mengusir Nyamuk di Rumah

Essential oil dengan aroma tertentu ada yang bisa mengusir nyamuk, lho. Misalnya aroma lavender dan jga lemongrass atau sereh. Jadi bisa dapet multifungsi nih, selain di kita juga merasa rileks, bisa untuk mengusir nyamuk juga, sehingga cocok untuk di kamar anak kecil supaya saat tidur tidak dihinggapi nyamuk.

4. Menghilangkan Kecemasan

Berkenaan dengan fungsi relaxing dari uap diffuser yang kita hirup, uapnya juga serta merta mengurangi kecemasan (tapi tidak hilang 100% ya), setidaknya setiap pagi bisa lebih rileks setelah menyalakan uap diffuser. Biasanya aroma essential oil yang mengklaim dapat menghilangkan kecemasan ini antara lain peppermint, tea tree, sandalwood dan masih banyak lagi

5. Ruangan Lebih Sehat dan Lembab

Kadang cuaca panas bikin kamar agak sumpek dan enggak fresh, kalau sudah begini aku biasanya menggunakan uap diffuser dengan beberapa tetes essential oil aroma teatree oil, aromanya segar banget berasa lagi di pegunungan dan kamarku jadi gak sumpek lagi ! Apalagi uap diffuser juga diklaim bisa menghilangkan bakteri di udara, otomatis bisa bikin lebih sehat juga.

6. Meningkatkan Mood

Untuk meningkatkan mood, aku pakai essential oil dengan aroma fruity, seperti jeruk, lemon atau english pear (aku paling suka aroma english pear karena wanginya gak terlalu manis, tapi tetap fresh). Mungkin klaim meningkatkan mood ini hanya sugesti saja, tapi buatku cukup ampuh sih untuk meningkatkan mood terutama kalau aroma essential oilnya manis dan segar.


Sejauh ini aku udah beberapa bulan menggunakan diffuser untuk aromaterapi di kamar, biasanya aku gunakan di pagi hari agar ada sensasi segar di kamar (apalagi sedang WFH gini, pasti butuh yang segar-segar agar tidak tegang.. hehe). Dan yang cukup menarik itu aku bisa coba beberapa varian aroma essential oil, mulai dari yang aromanya mint, fruity, hingga yang wanginya mewah. 

Masing-masing aroma essential oil ini punya khasiat masing-masing, bisa dibaca disini untuk manfaat beberapa aroma essential oil yang banyak dipakai orang.


Posting Komentar untuk "Manfaat Menggunakan Essential Oil Pakai Diffuser "