Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Manfaat 15 Jenis Essential Oil Aromatherapy Terfavorit

 

jenis dan manfaat 15 macam essential oil



Aromaterapi atau yang juga populer dengan sebutan essential oil ini memiliki khasiat yang ampuh memberikan efek menenangkan. Selain itu, bahan ini juga dianggap baik untuk membantu mengurangi gejala alergi musiman sampai dengan menciptakan tidur yang nyenyak. Ternyata ada beberapa jenis essential oil aromatherapy yang memiliki manfaatnya masing masing. Simak di sini!


Rekomendasi Minyak Aromaterapi beserta Khasiatnya

1. Lavender

Aromaterapi yang satu ini tentu sudah tak asing lagi ditelinga para masyarakat. Minyak esensial dengan wangi lavender memiliki aroma bunga khas dengan warna dasar kayu.  Dengan sifatnya yang meredakan stres, lavender aromaterapi ini bisa digunakan untuk  ditambahkan ke diffuser, losion tubuh, sampai dengan minyak pijat.

2. Cinnamon

Berikutnya ada Cinnamon essential oil atau yang lebih dikenal dengan aromaterapi kayu manis. Minyak esensial ini berguna untuk meningkatkan fokus pada seseorang. Pasalnya, aroma dari kayu manis mampu memicu area otak yang mengatur kewaspadaan. Tak heran jika cinnamon oil banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan konsentrasi dan mengurangi frustasi.

3. Jeruk Bergamot

Minyak esensial  yang satu ini menawarkan wewangian seperti jeruk yang halus, dengan wangi bunga yang lebih dominan. Aromanya memang menyejukkan, tetapi akan memberikan efek segar pada tubuh jika dicampur dengan minyak lainnya, seperti lavender. Daripada mengaplikasikannya ke kulit, anda bisa mengaplikasikannya menggunakan diffuser ke seluruh ruangan.

4. Jasmine

Jika suasana hati anda sedang tidak baik, saatnya untuk memperbaikinya dengan menghirup aroma segar dari essential oil aromatherapy. Gunakan minyak esensial jasmine untuk meningkatkan suasana hati anda. Beberapa penelitian, melaporkan jika aroma ini memberikan efek positif bagi yang menghirupnya karena  efek afrodisiak.

5. Jeruk mandarin

Jeruk mandarin ternyata bukanlah  sekedar buah buahan yang dapat dikonsumsi saja. Pasalnya, buah ini mampu memberikan banyak manfaat, khususnya sebagai minyak essential. Aroma yang manis  ini menawarkan manfaat menenangkan berkat sifat anti-anxiety. Jika anda mengalami kesulitan tidur, essential oil ini mampu mengatasi masalah insomnia.

6. Sandalwood

Sandalwood atau wangi cendana ini memiliki ciri khas wewangian yang bertahan cukup lama. Aroma yang cukup lembut ini bisa bermanfaat untuk membantu anda lebih rileks dan damai setiap menghirupnya. Relaksasi yang nyaman pada pernafasan bisa anda dapatkan jika memilih essential oil yang satu ini.

7. Ylang ylang

Ylang ylang atau kenanga memiliki aroma khas yang cenderung manis. Aromaterapi yang satu ini bisa membantu meningkatkan mengurangi stres, rasa damai, dan membantu untuk lebih percaya diri. Jenis essential oil aromatherapy ini berkhasiat sebagai afrodisiak, sehingga sering ditambahkan untuk campuran saat pijat.

8. Bunga Chamomile

Anda mungkin sering mendengar khasiat dari minuman teh bunga chamomile yang memberikan efek pada tubuh lebih santai dan rileks. Namun, ternyata Chamomile juga memiliki versi minyak dari dengan sedikit campuran buah buahan. Aroma bunga yang satu ini mampu mengatasi seseorang dari depresi dan kecemasan berlebih. 

9. Bunga Mawar

Selain Chamomile, bunga mawar juga menjadi salah satu referensi essential oil yang bisa anda pilih. Aroma khas dari bunga mawar disinyalir dapat menenangkan pikiran. Jika dihirup secara rutin ketika merasa stres, maka dapat memberikan efek menenangkan yang signifikan pada sistem saraf pusat.

10. Clary sage

Minyak esensial Clary Sage menjadi salah satu andalan bagi para perempuan ketika menstruasi karena memiliki ciri khas wangi yang manis dan relaksasi. Untuk mendapatkan khasiatnya, anda bisa langsung mengaplikasikan ke perut atau mengencerkan beberapa tetes dalam botol rol dan mengoleskan ke beberapa titik saraf.

11. Neroli

Minyak esensial neroli menjadi salah satu bahan yang umum digunakan sebagai parfum. Neroli cenderung berbau bunga yang mahal, namun juga menenangkan. Karena alasan tersebut, essential oil aromatherapy ini sangat efektif dalam mengurangi stres dan mendorong kita agar mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

12. Lemongrass

Siapa sih yang tak kenal dengan lemongrass? Essential oil yang diekstrak dari daun serta batang serai ini mampu memberikan manfaat yang cukup signifikan untuk kesehatan. Pasalnya, aromaterapi yang satu ini memiliki sifat anti peradangan. Melakukan pijatan dengan essential oil serai disinyalir mampu menurunkan tekanan darah diastolik.

13. Frankincense

Frankincense atau lebih dikenal dengan sebutan minyak kemenyan ini menawarkan aroma kayu pedas. Ini dapat memberikan efek menenangkan, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta mendukung sirkulasi udara menenangkan. Minyak esensial dengan aroma ini bisa anda temukan pada merk Young Living. 

14. Grapefruit

Selain jeruk mandarin, ternyata jeruk bali juga memberikan efek menenangkan pada tubuh. Minyak esensial ini ampuh digunakan untuk meredakan tekanan darah. Pasalnya, di dalam buah ini mengandung bahan aktif yang ampuh untuk menyeimbangkan suasana hati anda yang sedang buruk.

15. Peppermint

Jika anda gampang merasa lelah dan tidak bersemangat, maka solusinya adalah menghirup aroma dari peppermint. Menghirup peppermint dapat membuat orang merasa lebih waspada dan dapat meningkatkan daya ingat mereka. Jenis essential oil aromatherapy ini bisa digunakan dalam diffuser atau dioleskan pada kulit.

Demikianlah beberapa jenis jenis minyak esensial yang bisa anda pilih untuk membantu menenangkan pikiran. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa menggunakannya sebagai tambahan minyak pijat, diffuser, ditambahkan ke rol, atau langsung mengoleskannya ke kulit. 



Posting Komentar untuk "Mengenal Manfaat 15 Jenis Essential Oil Aromatherapy Terfavorit "