Tips Mencari Jurusan Kuliah Yang Tepat Sesuai Minat




Lulus sekolah menengah Atas (SMA) atau kejuruan (SMK) lalu bingung mau lanjut kuliah kemana? Pertimbangan datang dari berbagai arah, teman, pacar, orang tua, keuangan bahkan bisa jadi minat kamu sendiri ingin kuliah di mana. Pertimbangan yang baik adalah yang berhubungan dengan minat dan keahlian kamu sekarang. Lalu sebetulnya bagaimana tips mencari jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan keahlian kamu?

Berikut Tips Cara Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Minat Kamu 

Langsung saja deh, berikut tips mencari jurusan kuliah yang sesuai dengan minat kamu

1. Pelajaran yang disukai

Tidak ada salahnya melakukan prosesi bernama “Me time”, ajak dirimu berkaca lalu gali informasi sebanyak mungkin. Cari tahu, sebetulnya minat kamu tuh apa? Coba ingat-ingat hal yang kamu sukai ketika belajar di bangku SMA, adakah pelajaran yang membuat kamu merasa nyaman dengan hal itu.

Dari semua pelajaran yang guru berikan selama kurang lebih 3 tahun dari kelas X sampai dengan kelas XII harusnya ada sesuatu yang menurut kamu, itu kamu banget. Tidak melulu soal judul buku pelajaran, bisa jadi minat itu ada ketika guru mejelaskan materi

Misalnya saja guru sedang menjelaskan tentang materi menulis berita, lalu kamu tertarik dengan gaya penyampaian berita yang dilakukan oleh gurumu. Dari kasus tersebut, mungkin sajam minat kamu menjadi presenter, maka mungkin juga jurusan yang tepat untuk kamu adalah jurusan jurnalis.

2. Hal yang disenangi

Hampir 70% mahasiswa di Indonesia mengalami apa yang dinamakan dengan salah ambil jurusan. Ada orang yang ternyata tertarik dengan dunia akuntansi, padahal senengnya nulis. Setelah tahu bahwa ternyata pelajaran-pelajaran yang ada di kelas akuntasi itu bikin dia pusing, akhirnya kuliahnya jadi tidak terlalu serius. (sstt.. banyak yang milih jurusan akuntansi karena gak suka sama matematika, padahal di akuntansi banyak matematikanya :p). Maka dari itu, penting juga untuk melakukan research kecil-kecilan dengan mencari tahu ke senior-senior kamu di sekolah, coba tanyakan apa saja yang dipelajari di jurusan kuliah tersebut dan bagaimana prospek kerjanya. Contohnya, kamu sangat senang berbicara depan banyak orang dan sangat percaya diri ketika harus show off. Dengan begitu, kamu bisa saja cocok di jurusan marketing atau ilmu komunikasi. 

Sementara untuk mengobati hal tersebut, dia terus menulis di blog atau di buku harian, hingga akhirnya terbitlah karya dari situ. Nah, mungkin saja cerita ini terjadi padamu, bukan tidak boleh tertarik dengan jurusan tertentu, tapi coba deh teliti sebelumnya, pertimbangkan apakah itu akan membuat kamu senang dan bahagia ketika menjalaninya


3. Perdalam Lagi Karakter Kamu

Banyak sekali yang merasa salah masuk jurusan ketika baru di semester 1, ntah karena lingkungan kampusnya tidak nyaman atau karena mata kuliahnya sangat sulit untuk dicerna. Selain perlu research mengenai bagaimana silabus kuliah atau bagaimana kesan kuliah dari senior-senior kamu, perlu juga untuk mengetahui lebih dalam mengenai karakter kamu. Karena memang ada beberapa jurusan yang hanya cocok untuk karakter tertentu. Misalnya, jurusan yang berhubungan dengan sains dan teknologi akan lebih cocok dengan orang yang berkarakter introvert, menyukai hal detail dan sebagainya. Coba cek personality kamu disini : 16personalities.com/personality-types


4. Jenjang Karir Yang Dipilih

Setiap orang pasti memiliki tujuan, kita tahu bahwa cita-cita ketika duduk di waktu SD mungkin saja cira-cita polos yang ucapannya tidak konsisten. Tidak bisa dipertanggung jawabkan. Tetapi, tujuan perlahan terbentuk ketika sudah menjadi remaja dan beranjak dewasa.

Sadar bahwa hidup tidak akan berubah sebelum kamu merubahnya sendiri. tips mencari jurusan kuliah selanjutnya adalah kamu harus tahu dengan jenjang karir yang ingin kamu capai. 

Semakin jelas dan rinci tujuan karir, memilih tujuan kuliah menjadi lebih mudah. Orang yang punya tujuan hidup atau cita-cita menjadi seorang pengusaha sukses harusnya sih mengambil kuliah jurusan manajemen. Atau yang relate dengan itu.

Baca juga : Memilih Jurusan Kuliah Yang Cocok dengan Kepribadian



5 komentar

  1. nice artikel , jangan lupa untuk berkunjung ke jendela artikel millenial seputar trik dan tips

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih aku jadi dapat pencerahan setelah baca ini, habisnya masih bingung mau ambil jurusan apa nantinya...

      :D

      Hapus
  2. nice artikel , jangan lupa untuk berkunjung ke jendela artikel millenial seputar trik dan tips

    BalasHapus
  3. Informasi menarik, dulu saya sempet berfikir kaya gini juga sampe akhirnya ketemu jurusan yang pas :)

    BalasHapus