Ini Jurusan kuliah Yang Cocok Untuk introvert dan Ekstrovert

 

memilih jurusan kuliah sesuai kepribadian


Agar jurusan kuliah yang dipilih nantinya menjadi jurusan yang tepat untuk kamu, maka ada baiknya kamu menganalisa tipe kepribadian dan minat yang dimiliki. Karena apa? Menurut sebuah penelitian jurusan kuliah yang cocok sesuai kepribadian pastiya akan membuat Anda lebih bersemangat dan nyaman dalam menjalani dunia perkuliahan ke depannya.

Daftar Isi:

Harus Tahu! Ini Jurusan kuliah Yang Cocok Sesuai Kepribadian Menurut Metode MBTI

Menurut teori MBTI, manusia dikategorikan ke dalam 16 tipe kepribadian. Semua tipe ini merupakan kombinasi dari delapan sifat dasar manusia. Yaitu : Introverts, Extroverts, Intuitives, Sensors, Feelers, Thinkers, Perceivers, dan Judgers. 

Nah, Anda dapat menentukan jurusan kuliah yang cocok sesuai kepribadian dengan menggunakan metode yang satu ini. 

Jurusan Kuliah untuk Anak Introvert

Anak introvert tidak selalu dikaitkan dengan orang pendiam, biasanya anak introvert punya pemikiran yang mendalam akan sesuatu dan lebih sensitif. Anak introvert bukan berarti pemalu, hanya saja mereka lebih suka menghabiskan waktu menyendiri untuk berkegiatan, ini dia beberapa daftar jurusan yang cocok untuk anak introvert atau pendiam :

1.ISTP (Introverted, Sensing, Thinking, Perceiving)

Orang yang memiliki kepribadian ISTP, tidak terlalu suka basa basi. Mereka lebih suka aksi daripada berbicara, dan lebih terbuka juga jujur. Meski demikian, mereka juga selalu penuh pertimbangan, hati-hati, kaku, tenang, dan dingin. Jurusan kuliah yang cocok sesuai kepribadian ISTP adalah, teknik sipil, penerbangan, kriminologi, dan ekonomi. 


2.ISFP (Introverted, Sensing, Feeling, Perceiving)

Tipe yang satu ini memiliki sifat sensitif dan sangat peduli pada ligkungannya. Ia adalah orang yang ramah, suka membantu orang lain, dan cenderung menghindari konflik. Jurusan yang bisa dijadikan sebagai pilihan diantaranya adalah kedokteran, seni, dan administrasi. Kepribadian ini sangat cocok untuk menjadi seniman, entah seni tari, seni lukis, atau yang lainnya. 

3.ISTJ (Introversion, Sensing, Thinking, Judging)

ISTJ merupakan tipe perencana yang bertanggung jawab dan realistis. Sehingga ISTJ menjadi orang yang serius, fokus, objektif, dan bisa diAndalkan. Beberapa jurusan kuliah yang cocok sesuai kepribadian ISTJ adalah kedokteran, akuntansi, sekolah kepolisian, teknik komputer, atau ilmu pemerintahan.

4.INTJ (Introverted, Intuitive, Thinking, Judging)

INTJ memiliki pemikiran yang logis, kritis, dan visioner. sehingga mereka mampu merencanakan sebuah perencanaan yang matang sekaligus mampu bekerja secara maksimal di lingkungan yang tidak membutuhkan banyak interaksi sosial. Karenanya, jurusan bisnis, teknik, dan MIPA, dapat dijadikan sebagai pilihan. 


5.INTP (Introverted, Intuitive, Thinking, Perceiving)

Tipe ini merupakan pribadi yang independen dan kreatif, mampu jadi pemecah masalah dan bersikap teoritis serta pasti. Jurusan yang cocok bagi INTP adalah, teknik komputer, akuntansi, arsitektur, ekonomi, MIPA, dan hukumtipe ini memiliki prospek kerja sebagai pengacara, programmer, ilmuwan, atau bahkan ahli forensik.


6.ISFJ (Introverted, Sensing, Feeling, Judging)

Karakteristik utama tipe kepribadian ISFJ yaitu terstruktur, peka terhadap perasaan orang lain dan menyukai detail. Karenanya tipe ini sangat cocok untuk pekerjaan yang melibatkan perencanaan jangka panjang, struktur, dan perhatian terhadap detail-detail penting. Adapun jurusan kuliah yang dapat dipilih diantaranya adalah psikologi, ilmu perpustakaan, PGSD, dan kedokteran.

7.INFJ (Introversion, Intuition, Feeling, Judging)

Tipe kepribadian ini merupakan pemikir yang kreatif, namun tetap berpegang pada prinsip personal yang kuat. Mereka juga kreatif, visioner, dan menginspirasi. Jurusan seni, ilmu konunikasi serta televisi dan film merupakan beberapa contoh jurusan yang sesuai. 


8.INFP (Introvert, Intuitive,  Feeling, Perceiving)

INFP adalah orang yang peka, tenang, berdedikasi, suka menyendiri, tapi ramah. Namun tipe ii juga memiliki kekuatan emosi yang besar dan imajinatif. Jurusan kuliah yang cocok sesuai kepribadian ini diantaranya yaitu, sastra, psikologi, kesehatan, desain, dan hubungan masyarakat.


Jurusan Kuliah Untuk Anak Ekstrovert

Anak ekstrovert dikenal dengan si anak yang doyan tampil, tapi bukan berarti mereka narsis atau terlalu percaya diri, hanya saja anak ekstrovert akan sangat nyaman saat berada di sekeliling banyak orang. Sehingga jurusan kuliah yang cocok dengan anak ekstrovert lebih banyak berhubungan dengan jurusan-jurusan yang lebih menuntut mahasiswa untuk lebih aktif berkreasi dan tampil berani. Inilah beberapa daftar jurusan kuliah yang cocok untuk anak ekstrovert :


1.ESTJ (Extraverted, Sensing, Thinking, Judging)

Kepribadian ESTJ dapat dideskripsikan sebagai sosok yang sigap dan praktis. Karena sifat ramah, energik, dan efisien dalam bekerja yang dimilikinya, pribadi yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai pemimpin. Jurusan kuliah yang cocok sesuai kepribadian ini adalah keguruan, farmasi, bisnis, hukum, dan sekolah militer. 


2.ESFJ (Extraverted, Observant, Feeling, Judging)

Tipe kepribadian yang satu ini cenderung aktif, bersahabat, energik, penuh kasih sayang, dan peduli kepada orang lain. Jurusan kuliah yang sesuai untuk tipe ini adalah, keperawatan, pariwisata, keguruan, psikologi, dan ekonomi. Sementara berbagai profesi yang agat cocok untuk ESFJ yaitu bekerja sebagai perawat, psikolog, guru, konselor, dan pekerja sosial.


3.ESTP (Extraversion, Sensing, Thinking, Perception)

ESTP merupakan pribadi yang sangat ceria dan terbiasa menghadapi krisis. Kepribadian ini menjelma menjadi sosok yang berkkharisma,cekatan, antusias dan mampu mengambil peran yang krusial. Jurusan kuliah yang dapat Anda coba adalah, kriminologi, ekonomi, olahraga, marketing, teknik.


4.ESFP (Ekstrovert, Sensing, Feeling, Perceiving)

Ceria, bersemangat, ekspresif, dan suka berinteraksi dengan banyak orang merupakan ciri khas dari kepribadian ini. Jurusan yang mungkin bisa Anda coba adalah, seni peran, lingkungan, desain, seni tari, pariwisata, antropologi. Ada dapat berprofesi sebagai peneliti atau desainer.


5.ENTJ (Extroverted, Intuition, Thinking, Judging)

Bila Anda memiliki tipe kepribadian ini maka Anda merupakan seorang pemimpin alami yang memiliki kekuatan di logika dan mampu menganalisis sesuatu dengan strategi yang baik. 

Para ENTJ umumnya memiliki kemampuan unuk bersikap tangguh, kompetitif, disiplin sekaligus bersikap secara efisien. Jurusan kuliah yang cocok sesuai kepribadian ENTJ adalah hukum, ilmu politik, ilmu komunikasi, dan manajemen. 


6.ENTP (Extroverted, Intuition, Thinking, Perceiving)

Orang yang memiliki kepribadian ENTP merupakan seorang pemikir yang selalu mencari tantangan baru. Mereka cenderung selalu penasaran, tanggap dan tangkas, ramah, mudah bergaul,. Jurusan yang cocok bagi Anda adalah, pendidikan guru, ilmu politik, bisnis, hubungan masyarakat.


7.ENFJ (Extraversion, Intuitive, Feeling, Judging)

Para ENFJ memiliki energi yang besar dan sanat aktif.  Mereka juga suka berada di tengah-tengah orang banyak sekaligus sangat pintar berdiplomasi. Jurusan kuliah yang cocok bagi kamu adalah, hubungan internasional, periklanan, manajemen komunikasi, ilmu politik dan hubungan masyarakat. 


8.ENFP (Extraversion, Intuitive, Feeling, Perceiving)

Tipe ENFP ini merupakan orang yang kreatif, mudah penasaran, dan percaya diri. Mereka selalu mampu membaca kesempatan dan peluang di berbagai kondisi apapun. Jurusan kuliah yang cocok sesuai kepribadian tipe ini bisa mencoba jurusan kuliah seperti, jurnalistik, pariwisata, dan bisnis. 


Itu tadi beberapa pilihan jurusan kuliah yang cocok berdasarkan kepribadian kamu. Menurut saya, pemilihan jurusan yang tepat ini sangat penting karena saya pikir akan sangat mempengaruhi semangat kalian saat berkuliah. Hanya saja, banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika kamu memilih jurusan kuliah, yaitu : biaya. Saya paham, banyak sekali yang tidak bisa kuliah di jurusan yang diinginkan hanya karena biayanya mahal. Saya akan sangat menyarankan kamu untuk memperoleh beasiswa. Saya yakin sekali, ada banyaaakk pilihan beasiswa yang bisa kamu pilih asalkan kamu giat belajar dan NIAT yang sungguh-sungguh. 


sumber :

16personalities.com

quipper.com

1 komentar

  1. wuih.. mantap sekali kak.. kalau bicara introvert dan ekstrovert maka berkaitan dengan psikologis ya kak.. mantap nih.. saya termasuk introvert kak.. hihi.. kurang mental di depan umum ✌

    BalasHapus