Cara Menabung Buat Beli Rumah Tapi Gaji Belum 2 Digit!

nabung beli rumah


Gak kerasa, usia udah masuk kepala 3. Perasaan mah baru kemarin saya pusing belajar buat tes masuk kampus negeri, trus ngalamin masa-masa kuliah yang sebelumnya gak pernah saya sangka, sampe akhirnya ngalamin jadi orang kantoran, and voila! Tibalah di usia 30an yang mulai dibebankan tanggungjawab besar misalnya saja urusan investasi, salah satunya : beli rumah.


Memang sih, beli rumah itu bisa saja dianggap sebagai opsi, bukan kewajiban. Karena masih banyak yang menganggap menyewa rumah lebih baik ketimbang membeli rumah. Tapi, setelah membaca banyak literasi dan pengalaman dari orang-orang, membeli rumah sangat layak dijadikan mimpi, salah satu alasannya karena rumah bisa dijadikan investasi jangka panjang.


Nah, lalu bagaimana dengan kita-kita (gw doang mungkin? wkwk) yang gajinya belum 2 digit, tapi pengen bangett punya rumah? Ya udah.. nabung dah, atau setidaknya kita harus punya trik biar bisa lunasin KPR rumah tanpa harus was-was. Ini tipsnya :


Tips Nabung untuk Beli Rumah :

1. Tentukan Tujuan Menabung

Tujuan menabung itu ada banyak, mulai dari menabung untuk vacation, barang tersier, hingga rumah. Nah, rinci dulu berapa dana yang ingin ditabung buat masing-masing goal tersebut, termasuk untuk rumah. Tentunya lebih baik kalau riset dulu harga bangun rumah dan harga rumah dengan KPR biar tahu mana yang lebih masuk budget.


2. Buat Anggaran Bulanan

Buatlah anggaran bulanan yang mencakup pengeluaran rutin dan tabungan untuk rumah. Disiplin dalam mengikuti anggaran akan membantu banget meningkatkan jumlah tabungan secara konsisten. Walaupun memang nabung untuk beli rumah bisa saja akan butuh waktu sangat lama, tapi sesuaikanlah dengan kemampuan.


3. Prioritaskan Pembayaran Utang

Jika ounya utang, prioritaskan pembayaran utang sebelum menabung lebih banyak untuk rumah. Utang yang terkelola dengan baik akan meningkatkan peluang limit kredit lebih besar, memudahkan proses mendapatkan pinjaman hipotek di masa depan.


4. Cari Alternatif Penghasilan

Pertimbangkan untuk mencari alternatif penghasilan seperti pekerjaan sampingan atau usaha kecil. Pendapatan tambahan ini dapat dialokasikan langsung ke rekening tabungan rumah.


5. Investasi yang Tepat

Selain menabung, pertimbangkan untuk melakukan investasi yang aman dan menguntungkan. Reksa dana atau investasi properti ringan dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan nilai dana tabungan.


nabung beli rumah


6. Manfaatkan Program Tabungan Khusus Rumah

Beberapa bank atau lembaga keuangan menyediakan program tabungan khusus rumah dengan bunga yang lebih tinggi. Manfaatkan program ini untuk mempercepat pertumbuhan tabungan.


7. Pertimbangkan KPR Syariah

Jika berencana menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), pertimbangkan untuk memilih KPR syariah yang bebas bunga. Ini dapat menjadi opsi yang lebih sesuai dengan prinsip keuangan.


8. Evaluasi dan Sesuaikan Rencana Secara Berkala

Selalu lakukan evaluasi terhadap rencana menabung secara berkala. Sesuaikan strategi menabung sesuai dengan perubahan kondisi keuangan atau target pembelian rumah.


9. Cari Program Subsidi Pemerintah

Cek apakah ada program subsidi atau insentif pemerintah yang dapat membantu membeli rumah. Beberapa program dapat memberikan bantuan keuangan atau bunga ringan, kok!


10. Komitmen dan Konsistensi

Kunci utama dalam menabung adalah komitmen dan konsistensi. Tetapkan komitmen untuk mencapai tujuan membeli rumah dan konsisten dalam melaksanakan rencana menabung.


Membeli rumah memerlukan perencanaan keuangan yang matang dan tekad yang kuat. Dengan menerapkan tips menabung ini, kamu dapat membangun dana yang cukup untuk mewujudkan impian memiliki rumah sendiri. Selamat menabung!


Kalau sudah mau mulai bikin planning untuk bangun rumah, aku menyarankan untuk pilih jasa konstruksi bangunan yang oke dan anti ribet, supaya pas bangun rumah bisa tenang tapi hasilnya tetap bagus. Dari rumah impian hingga proyek infrastruktur, layanan konstruksi dari Rekon sangat inovatif dan berkualitas. Bangun hunianmu yang terbaik, bangun dengan Rekon

Tidak ada komentar