10 Rekomendasi Bunga Hias yang Cocok untuk Halaman Rumah

 

rekomendasi bunga hias untuk di halaman rumah

Jika anda memiliki pekarangan di rumah, ada baiknya menanam tanaman hias. Sebab selain dapat memperindah pekarangan, keberadaan tanaman hias memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Jenis bunga hias untuk pekarangan rumah berikut ini bisa anda jadikan pilihan, karena cantik dan perawatannya pun tergolong tidak terlalu sulit.


Rekomendasi Jenis Bunga Hias Cocok Ditanam di Pekarangan

1. Bunga Bougenville

bunga bougenville


Salah satu tanaman hias yang banyak dibudidayakan di dalam negeri yaitu Bunga Bougenville. Bunga ini punya warna yang beragam, mulai dari putih, kuning, merah, hingga ungu. Sehingga pekarangan rumah anda akan tampak cantik berwarna warni apabila memilih untuk menanamnya. Bougenville sendiri bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 10 meter, namun dapat dijadikan bonsai.

2. Bunga Kembang Sepatu

Bunga Kembang Sepatu


Bunga kembang sepatu bisa tumbuh sepanjang tahun, sehingga cocok dipilih sebagai tanaman hias untuk pekarangan. Apalagi anda juga dapat mengombinasikannya dengan bunga bunga kecil lainnya supaya semakin cantik. Bunga kembang sepatu ini punya warna yang cukup bervariasi, antara lain merah tua, merah muda, putih, oranye, dan kuning.


3. Bunga Adenium

Bunga Adenium

Jenis bunga hias untuk pekarangan rumah berikutnya yaitu adenium. Jenis tanaman ini cocok dipilih apabila tanah di sekitar rumah anda termasuk kering. Sebab bunga adenium bahkan bisa tumbuh di padang pasir sekalipun, tanpa memerlukan perawatan yang rumit. Dengan batang yang memiliki bongsol layaknya tanaman bonsai, bunga adenium terlihat sangat cantik.


4. Bunga Marigold

Bunga Marigold

Jika ingin memberikan sentuhan energik dan ceria di rumah, maka anda bisa menanam bunga marigold di pekarangan. Warna jinga keemasannya akan membuat anda merasa lebih bersemangat saat beraktivitas. Namun anda perlu memastikan bahwa lingkungan tempat menanam bunga marigold punya sistem drainase yang bagus, dan terkena sinar matahari langsung.


5. Bunga Pentas

bunga pentas

Bunga pentas termasuk salah satu jenis bunga hias untuk pekarangan rumah yang menjadi favorit banyak orang. Itu karena bunga ini berbentuk kerumunan dengan warna merah yang cantik. Selain itu, bunga pentas dapat membantu mengusir hama seperti kutu dan ulat sehingga dapat melindungi tanaman lain di sekitarnya.


6. Bunga Tabebuya

Bunga Tabebuya

Beberapa waktu lalu, sempat heboh di media sosial foto dan video yang menampilkan tanaman seperti bunga sakura di sepanjang jalan di Surabaya. Ternyata itu adalah bunga tabebuya, yang kini populer sebagai tanaman hias. Warna yang paling banyak dipilih umumnya adalah merah muda dan kuning, namun anda juga bisa memilih warna lainnya karena tabebuya termasuk memiliki banyak varian.


7. Bunga Hydrangea

Bunga Hydrangea

Menampilkan bunga bunga mungil yang berkumpul jadi satu layaknya bola, hydrangea dengan bentuknya yang unik tersebut akan membuat pekarangan anda terlihat semakin menarik. Apalagi warnanya pun beragam, seperti merah muda, ungu, dan biru, sehingga cocok dijadikan pilihan.


8. Bunga Iris

Bunga Iris

Bunga iris terkenal mempunyai aroma yang harum semerbak. Menanamnya di pekarangan akan membuat suasana semakin asri. Dijamin anda akan lebih sering keluar rumah untuk sekadar berjalan jalan menikmati indahnya pekarangan. Terlebih warnanya beragam, membuat rumah terkesan lebih ceria.

9. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek

Anggrek termasuk tanaman yang mudah tumbuh, jadi layak dipertimbangkan. Asalkan tidak terkena sinar matahari langsung, bunga anggrek bisa mekar dengan cantik. Varian anggrek sendiri cukup banyak dengan warna dan bentuk yang indah. Sehingga anda bisa memilih varian bunga anggrek sesuai selera masing masing.

10. Bunga Melati

Bunga Melati

Di Indonesia, bunga melati termasuk sangat populer. Bahkan tanaman ini dijadikan sebagai salah satu bunga nasional, sering dipakai sebagai bahan minyak wangi, untuk campuran teh, dan lain sebagainya. Wanginya membuat melati menjadi jenis bunga hias untuk pekarangan rumah yang disukai banyak orang.


Itu dia beberapa jenis bunga hias yang cocok ditanam di pekarangan rumah. Anda bisa langsung menanamnya di tanah ataupun di pot. Sentuhan alam yang dibawa oleh bunga hias akan membuat hunian terasa semakin asri dan cantik. Perawatannya termasuk tidak sulit, namun tetap perlu diperhatikan agar bunga mekar dengan indah.

Tidak ada komentar