Cara Mengukur Cincin Saat Beli Online Agar Pas di Jari

 


Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat masyarakat bisa dengan mudah melakukan pembelian secara online, termasuk untuk membeli perhiasan. Namun saat ingin membeli cincin, membeli online menjadi sedikit tricky. Sebab memilih cincin secara asal berisiko membuatnya tidak pas dengan ukuran jari kamu. Oleh karena itu, yuk simak cara mengukur cincin dengan mudah saat beli online.

Cara Mengukur Cincin Saat Beli Online

                            mengukur diameter jari

1. Siapkan Jari

Perlu diketahui bahwa setiap jari mempunyai diameter yang berbeda beda. Sehingga di awal kamu perlu memilih terlebih dahulu jari mana yang ingin dipasangi cincin. Termasuk menentukan apakah jari tangan kanan atau tangan kiri yang akan menggunakan cincin tersebut. Karena meskipun sama sama jari manis, ternyata diameter jari bisa berbeda antara tangan kanan dan tangan kiri.

Biasanya, jari jari yang ada di tangan dominan akan lebih besar. Jadi jika kamu kidal, maka jari di tangan kiri bisa lebih besar daripada jari tangan kanan. Selain itu, akan lebih baik apabila mengukur jari saat kondisi tangan sedang normal. Karena jari tangan bisa mengkerut sedikit ketika kedinginan. Dan beberapa kondisi bisa menyebabkan jari lebih bengkak, misalnya alergi makanan atau konsumsi obat tertentu.

2. Mengukur Lingkar Jari dengan Meteran Kain

ukur jari pakai meteran kain


Cara mengukur cincin dengan mudah saat beli online bisa memanfaatkan meteran kain. Setelah mempersiapkan jari kamu, gunakan meteran kain untuk mengukurnya. Kamu hanya perlu melilitkan meteran kain pada jari yang ingin dipasangi cincin. Kemudian lihat ukuran diameter jari untuk memilih cincin yang tepat.

3. Cara Mengukur Cincin dengan Penggaris

mengukur jari dengan penggaris


Apabila sudah punya cincin yang pas di jari kamu, maka kamu bisa mengukur cincin lama tersebut saat hendak membeli cincin baru. Cara ini sangat praktis dan menawarkan hasil yang cukup akurat. Caranya hanya dengan mengukur diameter cincin lama menggunakan penggaris. Jadi kamu bisa langsung mengikuti ukuran tersebut saat membeli cincin yang baru.

4. Cara Mengukur Lingkar Jari dengan Kertas

mengukur jari dengan kertas


Karena tidak semua orang memiliki meteran kain di rumah, kamu bisa menggunakan kertas sebagai alternatif. Cara mengukur cincin dengan mudah saat beli online menggunakan kertas hampir mirip seperti sebelumnya. Siapkan kertas dan potong memanjang menyerupai pita. Kemudian lilitkan kertas pada jari dan beri tanda dimana kedua sisinya bertemu.

Setelah itu bentangkan kertas tersebut di tempat yang datar, lalu gunakan penggaris untuk mengukur diameternya. Gunakan penggaris yang menggunakan satuan sentimeter supaya kamu lebih mudah menentukan ukuran. Nantinya kamu bisa mengetahui ukuran diameter jari dalam satuan cm.

Daftar Ukuran Diameter Cincin Online

Setelah mengetahui diameter atau lingkar jari kamu, maka kamu pun perlu mengetahui daftar ukuran cincin yang biasa digunakan di toko perhiasan. Karena beberapa online shop pun hanya menampilkan size cincin tanpa keterangan centimeternya. Jadi setelah melakukan cara mengukur cincin dengan mudah saat beli online, pilih ukuran berikut.

  • Nomor 10 : 15,4 mm atau 1,54 cm
  • Nomor 11 : 15,8 mm atau 1,54 cm
  • Nomor 12 : 16 mm atau 1,54 cm
  • Nomor 13 : 16,3 mm atau 1,54 cm
  • Nomor 14 : 16,7 mm atau 1,54 cm
  • Nomor 15 : 17,1 mm atau 1,54 cm
  • Nomor 16 : 17,4 mm atau 1,54 cm
  • Nomor 17 : 17,9 mm atau 1,54 cm
  • Nomor 18 : 18,2 mm atau 1,54 cm

Demikian cara mengukur cincin yang bisa kamu lakukan saat hendak membeli perhiasan secara online. Dengan mengukurnya terlebih dahulu, maka kamu bisa mendapatkan cincin yang pas di jari meskipun tidak mencobanya secara langsung. Jadi kamu bisa membelinya kapan saja tanpa perlu ke luar rumah. Sangat praktis bukan ?

 


Tidak ada komentar