15 Macam Alat Tulis Kantor yang Wajib Punya, Catat!


Alat Tulis Kantor yang Wajib Punya


Penggunaan alat tulis manual tetap diperlukan meskipun pekerjaan kantor sudah banyak beralih ke komputer. Oleh karena itu, penting bagi karyawan untuk melengkapi kebutuhan ATK (alat tulis kantor), supaya tugas yang dimiliki dapat dikerjakan lebih efektif. Adapun macam macam alat tulis kantor yang wajib punya yaitu sebagai berikut. Yuk catat.

(Alat Tulis Kntor) ATK yang Wajib Dimiliki Karyawan

Daftar Isi :

1. Pensil

Entah pensil kayu atau pensil mekanik, anda perlu menyiapkannya di meja kerja. Pensil ini akan sangat berguna ketika anda sedang merancang desain suatu project. Pilih jenis pensil 2B supaya hasilnya lebih pigmented dan goresannya tajam.

2. Penghapus

Ada pensil, tentunya harus ada penghapus. Fungsinya tidak lain yaitu untuk menghapus goresan dari pensil yang mengalami kesalahan. Bahannya yang terbuat dari karet putih membuat coretan pensil bisa dihapus tanpa bekas dan minim residu. 

3. Rautan Pensil

Pensil lama kelamaan akan menjadi tumpul jika terus menerus dipakai, sehingga macam alat tulis kantor yang wajib punya yaitu rautan. Fungsinya adalah untuk mempertajam pensil ketika sudah tumpul atau patah. Supaya hasil lebih tajam, pilih rautan jenis portabel. 

4. Pulpen

Pulpen termasuk ATK yang paling umum, sama halnya seperti pensil. Alat ini wajib dimiliki karena penggunaannya bisa berlangsung lama dan tidak mudah dihapus. Tebal tipisnya tulisan bergantung pada besarnya bola pulpen, jadi perhatikan saat membeli.

5. Correction Tape

Jika penghapus untuk menghilangkan coretan pensil, maka correction tape ini dapat menghapus coretan yang dihasilkan oleh pulpen. Sehingga anda bisa mengoreksi tulisan yang salah saat menggunakan pulpen.

6. Highlighter Pen

Terkadang anda perlu menandai bagian penting pada suatu dokumen, sehingga dibutuhkan highlighter. Highlighter pen umumnya punya berbagai warna seperti hijau, kuning, biru, merah, dan lain sebagainya. Sehingga bagian penting pada dokumen akan ter-highlight.

7. Spidol Warna

Untuk menambahkan catatan penting pada suatu dokumen cetak, anda bisa menggunakan spidol warna. Penggunaan spidol warna menunjukkan bahwa catatan kecil tersebut harus diperhatikan, sehingga anda tidak akan lupa.

8. Spidol Board Marker

Selain spidol warna, anda pun perlu menyiapkan spidol board marker. Karena ada kalanya karyan perlu melakukan presentasi atau diskusi kerja. Sehingga spidol board marker menjadi macam alat tulis kantor yang wajib punya.

9. Sticky Note

Guna mencatat to do list, anda dapat memakai sticky notes. Kertas kecil ini nantinya bisa anda tempelkan pada bagian depan dokumen atau bahkan ditempel di laptop, sehingga anda tahu pekerjaan apa yang belum selesai.

10. Notebook

Notebook adalah ATK wajib bagi para pekerja kantoran. Supaya ide atau hasil meeting tidak hilang dan terlupakan, catat di notebook anda. Pilih notebook dengan model kertas bergaris supaya memudahkan anda menulis berbagai keperluan.

11. Stopmap Plastik

Supaya dokumen tidak hilang, anda bisa menggunakan stopmap plastik. Gunakan stopmap khusus untuk mengorganisir beberapa dokumen berbeda. Dan klasifikasi dokumen bisa dilakukan berdasarkan variasi warna map tersebut.

12. Penggaris

Siapkan pula penggaris di meja kerja anda, agar dapat membantu membuat grafik atau tabel secara manual. Tidak perlu terlalu panjang, anda cukup menyiapkan penggaris berukuran 30 cm di meja kerja.

13. Stapler

Keberadaan stapler sangat penting untuk membantu mengorganisir dokumen. Sehingga anda bisa menyatukan beberapa lembar dokumen menjadi satu, jadi tidak mudah hilang. Pilih stapler dari bahan stainless steel anti karat supaya pemakaiannya lebih lama.

14. Lem Kertas

Lem kertas berbentuk stick akan membantu merekatkan sejumlah kertas. Meski tidak sering digunakan, ternyata keberadaannya juga tidak kalah penting. Hasilnya, dokumen pun lebih rapi dan tidak menyebabkan tangan kotor.

15. Selotip

Alternatif lainnya dari lem kertas adalah selotip. Anda bisa menggunakannya untuk merekatkan benda maupun membantu mengemas barang. Untuk jaga jaga kebutuhan di kantor, macam alat tulis kantor yang wajib punya adalah selotip jenis lakban bening.

Itu dia daftar ATK yang wajib anda miliki dan siapkan di meja kerja di kantor. Meskipun kebanyakan pekerjaan anda sudah menggunakan komputer, pasti ada kalanya anda membutuhkan alat alat di atas. 





Tidak ada komentar