Review Buku Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar by Richard Carlson

Buku dengan genre self improvement kali ini saya dapatkan dari seorang teman, lebih tepatnya teman baru yang bisa saya anggap teman yang sangat menyenangkan dan baik sekali. Karena dia baik, tentunya dia mau meminjamkan buku ini kepada saya :D

Cover depan jangan membuat masalah kecil menjadi masalah besar by richard carlson

Gambar : Sampul Depan Buku Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar

Buku bersampul kuning polos ini tentu akan cukup menarik perhatian, kenapa lagi kalau bukan warna dasarnya yang nyentrik, ditambah lagi judulnya yang sangat to the point : jangan membuat masalah kecil jadi masalah besar! Baru baca judulnya saja seolah kita sudah tahu mau dibawa ke arah mana isi dari buku ini.

Richard Carlson sendiri, seperti yang beliau ungkapkan dalam bukunya, adalah seorang konsultan untuk klien-kliennya yang terkena masalah. Lebih tepatnya seorang psikoterapis. Cerita-cerita dan studi kasus dari kliennya rupanya sedikit banyak menjadi referensi untuk buku ini.

Buku ini terdiri dari 100 bab yang setiap babnya punya judul-judul mengenai kiat atau pesan yang ingin disampaikan oleh penulis mengenai bagaimana agar kita tidak menganggap masalah kecil jadi masalah besar.

Sebagai buku dengan tema self improvement, saya merasa buku ini merupakan hidangan appetizer yang ringan untuk anda yang sedang mempelajai self improvement lewat buku-buku. Bahasannya ringan sekali, bahkan saking ringannya, saya merasa buku ini kurang banyak mengandung "daging" yang gurih.

Isinya memang kebanyakan teori positif sih, sejujurnya kaya lagi denger ceramah motivator aja, ada beberapa point penting yang bagus dan bisa dijadikan reminder. 

Sebagaimana appetizer, saat disantap tidak terlalu membuat kenyang, namun tetap penting dan perlu untuk disantap. Sama seperti bab-bab yang diberikan di buku ini, buat saya pribadi tidak ada banyak something new di buku ini, namun pemaparannya yang sederhana membuat buku ini tetap penting untuk disimak dan juga punya banyak sekali reminder buat kita. Saya merasa 100 bab buku ini sebetulnya bisa diringkas menjadi 20 atau 30 bab saja, karena intisari dari buku ini adalah bagaimana kita menganggap hidup ini berharga dan bagaimana cara menjadi orang yang baik dan sederhana melalui beberapa kunci yang dipaparkan di sini, salah satunya adalah : stay calm 😇. Baca bukunya yuk untuk tau kiat-kiat lainnya!

Apakah Buku Ini Menjawab Semua Masalah Kita ?

Awalnya, setelah saya menyelesaikan dan merenungi isi buku ini, saya merasa Richard Carlson sudan tepat dalam memberikan judul untuk buku ini. Sesuai judulnya, buku ini hanya diperuntukkan bagi orang yang sedang (atau tanpa sadar) berkutat dengan masalah di hidupnya sehari-hari, yang tak lain kebanyakan adalah masalah sepele namun sering kita besarkan dan dramatisasi.

Bagi yang sedang menghadapi masalah besar (yang beneran besar, seperti trauma, kekerasan dan lainnya) tampaknya buku ini tidak akan pas, namun tidak ada salahnya sama sekali untuk dibaca agar kedepannya menjadi pedoman ketika menghadapi masalah kecil sehari-hari.

Sampul belakang jangan membuat masalah kecil menjadi masalah besar by Richard Carlson

Gambar : Sampul Belakang Buku Jangan Membuat Masalah Kecil Jadi Masalah Besar

Buku ini juga saya rasa terdiri dari 70% nasihat dalam bentuk teori/ceramah dan selebihnya berupa kiat-kiat praktis yang bisa kita implementasi.

Sebagai penutupnya, buku ini bisa anda anggap sebagai buku hidangan pembuka sebelum menyantap buku self improvement lain yang lebih "berat" dengan menu-menu beragam lainnya untuk disantap, seperti Filosofi Teras yang masih jadi buku self improvement favorit saya.

Tidak ada komentar