Barang-Barang yang Wajib Punya di Kosan

 

barang yang wajib punya di kosan


Tinggal jauh dari rumah dan hidup di suatu kota yang asing tentu membutuhkan banyak sekali persiapan. Khususnya untuk perlengkapan penunjang kebutuhan sehari-hari. Karena bagaimanapun Anda tidak mungkin terus menerus beli dan mengandalkan jasa dari seseorang untuk kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan barang-barang yang wajib punya kalau ngekost atau ngontrak dengan baik. 

Anda bisa langsung membeli barang-barang tersebut di kota tujuan atau membawanya dari rumah. Hal yang perlu Anda pertimbangkan adalah harga barangnya dan kemudahan untuk membawa barang tersebut. Bila Anda merasa bahwa di kota tersebut harga barang lebih murah, maka lebih baik untuk membeli di sana saja.

10 Daftar Barang Wajib Anak Kos

Berikut ini adalah barang-barang yang wajib punya kalau ngekost atau ngontrak yang bisa Anda persiapkan untuk kehidupan kos Anda. Barang-barang berikut ini akan banyak membantu Anda untuk menjalani kehidupan sehari-hari di tempat baru.  


Rice Cooker dan Perlengkapan Makan

Setiap harinya Anda pasti membutuhkan makan dan selalu membeli makanan di luar tentu akan boros. Tetapi bila Anda sudah memiliki nasi di kos, Anda hanya perlu membeli lauk saja. Ini akan menghemat uang makan Anda sehari-hari. Beli saja rice cooker yang kecil sehingga tidak terlalu banyak memakan tempat.

Jangan lupa untuk membeli perlengkapan makan seperti piring, gelas, mangkok, sendok, dan garpu. Barang-barang yang wajib punya kalau ngekost atau ngontrak yang satu ini wajib hukumnya untuk Anda miliki. 

Galon dan Dispenser

Air minum pasti jadi kebutuhan pokok selagi di kosan, apalagi kalau malam-malam kalau lagi haus daripada bingung cari warung beli minum mendingan ambil sendiri dari air galon yang kita punya. Selain itu fungsi air galon beserta dispenser ini kamu bisa seduh air panas dengan cepat.

Meja Nakas / Rak Samping Kasur

Meja rak samping kasur sangat berguna untuk kamu menaruh barang-barang esensial seperti buku, tisu, dompet, kunci, dan barang pribadi lainnya. Selain itu di bagian lacinya juga bisa digunakan untuk tempat penyimpanan barang yang lain agar kamar kosan tampak rapi dan tidak berantakan.

Colokan Listrik 

Kebutuhan penting lainnya adalah colokan listrik untuk menambah penggunaan daya di kos. Biasanya di kamar kos hanya tersedia satu atau dua stop kontak yang mana membuat penggunaan listrik Anda terbatas. Apabila Anda membawa ponsel, laptop, dan rice cooker tentu Anda kesulitan untuk mengisi dayanya sekaligus. 

Anda bisa membeli colokan listrik dengan panjang kabel yang mencukupi untuk menjangkau seluruh ruangan. Hal ini bisa mempermudah Anda untuk menempatkan rice cooker dan menggunakan barang-barang elektronik lainnya. 

Gantungan Baju

Setiap hari Anda pasti menyisihkan waktu untuk mencuci baju secara berkala agar baju kotor tidak menumpuk. Nah, Anda perlu gantungan baju untuk menjemurnya di bawah terik mata hari. Di tempat kos atau kontrakan hanya menyediakan lokasi jemuran yang terbatas. Sehingga penggunaan gantungan baju bisa menghemat tempat dan membuat baju Anda lebih cepat kering. 

Untuk menghemat uang Anda bisa membawa beberapa gantungan baju dari rumah. Agar tidak tertukar dengan penghuni lainnya, pastikan Anda memberi tanda khusus pada gantungan baju milik Anda. Barang yang satu ini rawan dipinjam oleh penghuni yang lainnya. 

Meja Lipat dan Kursi Lesehan

Untuk kamu yang sedang kuliah di kota perantauan, pasti akan membutuhkan banget meja dan kursi buat belajar atau mengerjakan tugas. Kadang meja dan kursi tidak disediakan oleh pemilik kost, jadi kita harus modal keluar uang lagi untuk beli meja lipat dan kursi lesehan.

Storage Box

Kotak serbaguna ini banyak gunanya, biasanya saya gunakan untuk menyimpan make up atau skincare. Bisa juga untuk menyimpan obat-obatan atau barang printilan lain yang mudah tercecer dan sulit ditemukan. Selain itu storage box ini juga akan membuat barang-barang yang kamu punya bisa lebih terorganisir.

Perlengkapan Mandi (Sabun, Shampo, Sikat Gigi, Pasta Gigi, Sabun Muka)

Barang-barang yang wajib punya kalau ngekost atau ngontrak berikutnya adalah perlengkapan mandi. Bawa semua perlengkapan mandi yang biasa Anda gunakan di rumah. Penting untuk Anda ketahui bahwa tidak semua kamar mandi di kos atau kontrakan sifatnya privat atau untuk satu pengguna saja. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan wadah khusus untuk perlengkapan mandi agar mudah Anda bawa dan simpan. 

Alat Kebersihan (Sapu, Pel, Kain Lap, Ember, Sikat)

Beberapa tempat kos dan kontrakan memang menyediakan alat kebersihan seperti sapu dan alat pel. Tetapi Anda bisa menyiapkan sendiri untuk penggunaan pribadi sehingga kebersihan ruangan Anda lebih terjaga. 

Kipas Angin

Ini sebetulnya opsional sih, karena saya sering ngekos di tempat yang cukup panas, jadinya saya selalu sedia kipas angin yang bisa digunakan semisal sedang gerah atau cuaca lagi panas banget.

Nah, itulah daftar barang-barang yang wajib punya kalau ngekost atau ngontrak. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk merantau bisa mulai mempersiapkannya dari sekarang agar tidak ada barang yang tertinggal. 

 


Tidak ada komentar