Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkaian Urutan Hair Care untuk Perawatan Rambut

rangkaian produk hair care untuk perawatan


Perawatan rambut itu tidak kalah pentingnya dengan perawatan untuk kulit. Anda tentu akan merasa puas bila memiliki rambut yang sehat dan cantik. Permasalahan rambut juga tidak akan Anda alami bila Anda mendapatkan perawatan yang benar. Sama halnya dengan perawatan untuk kulit, Anda bisa merawat rambut dengan produk hair care yang sesuai dengan Anda. 

Mungkin saja Anda sampai saat ini hanya tahu shampo dan kondisioner saja. Tetapi masih banyak rangkaian produk hair care lain yang bisa membuat rambut Anda semakin sehat dan cantik. Untuk mendapatkan hasil maksimal Anda harus menggunakan setiap produk tersebut dengan urutan hair care yang tepat. Selain itu, Anda juga harus dapat menemukan produk yang benar-benar cocok dengan kondisi rambut Anda. 

Apa Saja Produk Hair Care untuk Perawatan Rambut ?

Dengan banyaknya produk perawatan rambut yang ada tentu sebagai pemula Anda pasti kebingungan dengan urutan pemakaian sekaligus manfaat dari penggunaan hair care tersebut. Maka, berikut ini adalah beberapa daftar produk hair care dari basic hingga advanced yang bisa Anda gunakan untuk memberikan perawatan ekstra pada rambut Anda. 

Daftar Produk Hair Care Lengkap

Hair Oil

hair oil

Gambar : Contoh Produk Hair Oil (sumber : cosmopolitan.co.id)

Hair oil atau minyak rambut akan menjaga kelembaban setiap helai rambut Anda dan memperkuat akar dari rambut. Selain itu, penggunaan hair oil ini bisa mempercepat pertumbuhan anak rambut baru dan memperlancar sirkulasi darah. Ada banyak produk hair oil yang bisa Anda coba dan pilih yang sesuai dengan rambut Anda. Produk hair care ini bisa Anda aplikasikan sebelum keramas di bagian batang atau ujung-ujung rambut. Biasanya hair oil ini digunakan untuk membuat rambut lebih lembab dan kuat. 

Shampo

shampo

Gambar : Contoh Produk Shampo (sumber : merekbagus.com)

Rangkaian urutan hair care berikutnya adalah shampo. Produk yang satu ini tentu sudah Anda gunakan sejak masih kecil untuk menjaga kebersihan rambut. Anda bisa menggunakan produk Shampo yang sama seperti yang sudah Anda gunakan sejak lama. Untuk menjaga kebersihan rambut Anda, maka sebaiknya Anda keramas 3 – 4 kali setiap satu minggu. Hindari keramas setiap hari ya agar rambut tidak cepat kering. Ada banyak pilihan shampo sesuai masalah rambut, mulai dari shampo anti ketombe, shampo anti rontok, hingga shampo anti lepek. Tapi pada dasarnya fungsinya sama, yaitu mencuci rambut.

Hair Conditioner

conditioner

Gambar : Contoh Produk Conditioner (sumber : ubeauty.id)

Sesuai namanya, hair conditioner berguna untuk melembabkan rambut. Beberapa orang mungkin merasa peran hair conditioner ini tidak terlalu penting, tapi berdasarkan pengalaman saya, jika hanya menggunakan shampo (tanpa conditioner) biasanya rambut akan sangat mudah kering dan kurang berkilau gitu. Oleh karena ini saya memutuskan untuk selalu menggunakan conditioner setelah keramas saat rambut masih basah. Cara pakai conditioner : digunakan setelah keramas di bilasan terakhir, ambil secukupnya lalu oleskan di batang rambut (jangan sampai terkena kulit kepala, ya!) dan diamkan sekitar 2 - 3 menit agar nutrisinya meresap ke dalam rambut. Kemudian bilas hingga bersih dengan air.

Hair Mask

hair mask

Gambar : Contoh Produk Hair Mask (sumber : ubeauty.id)

Ini adalah produk perawatan rambut yang bisa Anda gunakan setelah memakai Shampo. Sama seperti kulit wajah yang perlu perawatan mingguan, rambut juga ada perawatan mingguan menggunakan hair mask ini. Tetapi Anda tidak harus selalu menggunakan hair mask. Penggunaan hair mask ini cukup 1 – 2 kali seminggu. Buatlah jadwal khusus agar Anda tidak lupa kapan Anda menggunakan hair mask. Fungsi dari penggunaan produk hair care yang satu ini adalah membuat rambut tampak berkilau, mengurangi kerusakan, menyehatkan kulit kepala, dan mencegah rambut rontok. Jadi hair mask ini semacam produk ekstra untuk rambut yang lebih sehat dan berkilau, saya sendiri sudah coba menggunakan hair mask dan hasilnya benar-benar lebih halus dibandingkan pakai conditioner. Rambut juga tudak mudah rusak.

Creambath

hair creambath

Gambar : Contoh Produk Creambath (sumber : google.com)

Creambath merupakan perawatan rambut yang biasanya terdapat di salon untuk perawatan rambut yang lebih intens. Tidak banyak wanita Indonesia yang rajin melakukan perawatan ini karena harus menyempatkan waktu pergi ke salon. Padahal Anda bisa melakukan creambath sendiri di rumah. Proses ini bisa Anda lakukan setelah rambut selesai diberi hair mask. Perawatan rambut dengan produk creambath bisa membuat rambut Anda terjaga kelembabannya setiap saat. Produk ini juga tidak perlu dipakai setiap hari, cukup 1x setiap bulan atau jika memang diperlukan.

Hair Serum

hair serum

Gambar : Contoh Produk Hair Serum (sumber : google.com)

Urutan hair care beriktunya adalah hair serum atau serum rambut. Hair serum sangat disarankan untuk diaplikasikan ke rambut khususnya bagi Anda yang suka melakukan styling seperti mewarnai rambut, sering catok rambut, dan lainnya. Produk ini akan mengganti kandungan protein di rambut yang hilang akibat panas dari alat styling. Selain itu, rambut Anda akan lebih halus dan mudah ditata. Penggunaan hair serum setelah menggunakan semua produk yang ada di atas pada kondisi rambut setengah kering. 

Hair Vitamin

hair vitamin
Gambar : Contoh Produk Hair Vitamin (sumber : cewekbanget,grid.id)

Fungsinya hampir mirip seperti hair serum dan cara penggunaannya juga sama, diaplikasikan setelah keramas saat rambut setengah kering. Hanya saja kandungannya agak berbeda dengan hair serum, kalau hair serum konsentratnya lebih tinggi dibandingkan hair vitamin dan biasanya hair serum digunakan untuk rambut yang sering di styling, sedangkan hair vitamin bisa digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan nutrisi ekstra bagi rambutnya agar wangi dan sehat.

Hair Tonic

hair tonic

Gambar : Contoh Produk Hair Tonic (sumber : marshabeauty.com)

Ini adalah urutan hair care terakhir. Hair tonic diaplikasikan ke kulit kepala dan digunakan setelah keramas agar akar rambut dapat ternutrisi dan bisa menguatkan serta menyehatkan akar rambut. Jujur sih untuk hair tonic ini aku sering skip karena saat ini belum punya masalah rambut yang memerlukan hair tonic. Biasanya hair tonic diperlukan bagi yang punya masalah rambut rontok atau rambut tipis.

Itulah beberapa urutan produk hair care yang benar yang bisa Anda gunakan untuk merawat rambut. Anda bisa memulai dengan menambah satu per satu produk tersebut dalam rangkaian hair routine sampai Anda terbiasa untuk menggunakan semua produk di atas. Anda akan membutuhkan waktu untuk menemukan produk perawatan yang cocok dengan rambut Anda sehingga Anda harus bersabar. 

Namun untuk perawatan rambut yang benar-benar basic, menurut saya cukup shampo, conditioner dan hair mask. Tapi harus diperhatikan ketika rambut mulai rusak atau sering terpapar polusi/sinar matahari karena hal tersebut akan memperngaruhi kandungan nutrisi di rambut. Itulah kenapa memiliki beberapa rangkaian produk perawatan rambut cukup penting agar rambut kita tetap sehat dan cantik.


Posting Komentar untuk "Rangkaian Urutan Hair Care untuk Perawatan Rambut "