17 Stok Makanan Wajib Punya Buat Anak Kost dan Perantau

 

Stok Makanan Anak Kost

Ketika Anda menempuh pendidikan atau bekerja di kota tetangga yang jauh dari rumah Anda tentu akan tinggal di kosan. Untuk hal itu Anda harus benar-benar mempersiapkan semuanya dengan baik agar tidak menghadapi banyak kesulitan ketika sudah tinggal jauh dari orang tua. Stok makanan yang wajib bagi anak kos adalah salah satunya.

Anak kosan harus serba hemat karena biaya hidup di kota tetangga terkadang tidaklah sedikit. Dilema yang paling sering dialami oleh anak kosan adalah memilih menu yang akan mereka makan. Hal tersebut bisa Anda siasati dengan menyiapkan stok makanan di kosan. Jadi, ketika lapar Anda tidak bingung-bingung mau makan apa. 

.

Daftar Stok Makanan Anak Kost

Mungkin saja Anda kebingungan dengan stok makanan apa yang bisa Anda simpan dengan awet di kamar kosan. Maka, berikut ini ada 17 stok makanan wajib yang dimiliki anak kost yang bisa mudah dibeli dan masa penyimpanan yang lumayan awet dan tahan lama :

1. Beras

Bahan makanan yang harus selalu siap dan ada di kamar kosan Anda adalah beras. Anda bisa memasak nasi sendiri yang mana lebih hemat daripada beli. Bila Anda sudah punya nasi, maka Anda hanya perlu beli lauknya saja. Dengan begini Anda bisa lebih menghemat pengeluaran makanan. Maka, tak heran bila anak kosan harus punya stok makanan anak kost yang wajib yang satu ini.  

2. Mi Instan

Banyak yang bilang makanan anak kosan adalah mi instan. Kadang terdengar memprihatinkan tetapi pada kenyataannya memang benar-benar bagai dewa penolong bagi anak kosan. Bayangkan saja, hanya dengan mengeluarkan uang 2 - 3 ribu Anda sudah bisa makan dengan kenyang. Meski demikian, makan terlalu banyak mi instan juga tidak baik sih untuk kesehatan. Sebisa mungkin dibatasi saja setidaknya seminggu atau 2 minggu sekali.

3. Roti 

Makanan yang satu ini sebenarnya tidak cocok untuk makanan orang Indonesia. Karena sebanyak apapun makan roti, Anda pasti masih merasa lapar bila belum makan nasi sekalipun. Tetapi makanan yang satu ini juga bagus untuk stok makanan anak kost yang wajib bagi Anda karena bisa mengganjal rasa lapar. Jangan lupa sediakan selai kacang atau selai favorit untuk menambah rasa manis dan membuat kenyang lebih lama dibandingkan hanya makan roti tawar saja.

4. Telur

Ini adalah bahan makanan yang sangat bergizi dan bervariasi pengolahannya. Anda bisa mengkreasikan banyak jenis lauk hanya berbekal telur saja. Sebelum menyetok makanan ini pastikan kosan Anda memiliki dapur umum. Karena Anda tidak bisa berkreasi dengan telur tanpa kompor dan penggorengan. Telur juga sebaiknya beli yang masih fresh atau yang tanggal kadaluarsanya masih lama.

5. Frozen Food

Frozen food seperti nugget atau sosis bisa Anda pertimbangkan bila kosan Anda punya kulkas umum. Jenis makanan ini harganya memang cukup mahal tetapi bila Anda membandingkan dengan isinya tidak akan rugi. Selain itu, cita rasa dari frozen food tidak perlu Anda pertanyakan lagi. Untuk lebih hematnya Anda bisa patungan dengan penghuni kos yang lain. 

6. Snack

Makanan snack seperti wafer, biskuit atau keripik kentang ini sudah pasti wajib ada di kamar Anda. Anda memang tidak akan kenyang dengan makan snack, tapi setidaknya Anda bisa menggunakan makanan ini sebagai teman mengerjakan tugas. Makan snack juga bisa meningkatkan mood Anda. Ingat untuk menyediakan wadah khusus agar Anda bisa menyimpan snack untuk waktu yang lama. 

7. Kecap dan Saus

Anda bisa membeli kecap dan saus untuk teman makanan di kosan. Tentunya santap makan Anda akan lebih nikmat dengan adanya kecap dan saus. Anda juga bisa membeli cabai bubuk dalam kemasan bila kurang suka dengan saus. 

8. Bumbu Nasi Goreng

Kalau gak punya lauk untuk nasi dan hanya punya telur, bisa juga masak nasi goreng pakai bumbu nasi goreng instan supaya ada rasa gurih ketika makan nasi. Biasanya bumbu nasi goreng dalam kemasan tidak mahal kok, harganya sekitar 2 - 3 ribu per bungkus untuk 4 porsi nasi goreng, jadi bisa dipakai buat 3 - 4x masak nasi goreng.

9. Sarden Kaleng 

Untuk yang punya dapur, sarden kaleng bisa jadi solusi kalau lagi gak sempat beli lauk ke pasar, cara memasaknya juga cukup mudah dan biasanya makanan ini tidak perlu disimpan di kulkas karena sudah disimpan dalam wadah kaleng yang tertutup rapat.

10. Kornet atau Olahan Daging Kaleng

Kalau kurang suka sarden atau agak bosan dengan sarden, bisa juga simpan kornet untuk dimasak atau dijadikan teman lauk nasi hangat. Atau untuk dicampur dengan bahan makanan lain seperti mie goreng.

11. Telor asin

Telor asin biasanya ada di warteg dan masa kadaluarsanya cukup lama, jadi bisa juga digunakan untuk stok makanan untuk di kosan kalau butuh lauk yang praktis dan tidak perlu dimasak untuk dijadikan teman nasi hangat.

12. Abon

Saya jadi ingat teman kosan saya pas kuliah dulu, dia suka banget stok abon di kamarnya karena ternyata abon sapi juga bisa dijadikan lauk yang praktis untuk teman makan nasi. Selain itu mudah dibeli juga di minimarket dan bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama.

13. Pasta / Spagheti

Kalau bosan makan mie instan, sesekali coba aja masak spagheti yang cara masaknya lumayan instan dan cepat juga, tapi modalnya agak mahal sih karena harus beli saos spaghetinya juga untuk disiram di atas pasta atau spaghetinya. Tapi saya pribadi lebih suka pasta daripada mie instan karena efek kenyangnya lebih lama.

14. Tempe / Lauk kering

Karena saya gak terlalu suka abon, biasanya saya lebih suka beli tempe kering dalam kemasan atau lauk kering yang suka dijual di online shop. Selain bisa untuk pengganti lauk, bisa juga untuk teman makan nasi pengganti kerupuk agar lebih nikmat.

15. Buah 

Buah pisang, jeruk dan buah lainnya yang berkulit tebal biasanya bisa disimpan dalam waktu lama, ya kira-kira 3 - 5 hari tergantung tingkat kematangan buah. Sesekali anak kosan juga harus ada asupan makanan sehatnya supaya gak melulu makan makanan instan.

16. Sereal

Bahan makanan sereal biasanya dipakai untuk menu sarapan yang cepat dan instan karena tinggal dituang ke mangkuk dan ditambah susu cair, atau bisa juga dicampur air panas jika mau mengggunakan sereal oat atau gandum. Sereal gandum juga bagus kok untuk pencernaan.

17. Susu Cair / Susu Bubuk

Susu cair direkomendasikan untuk yang punya kulkas, tapi harus segera dihabiskan ya agar kemasannya tidak menggembung. Sedangkan susu bubuk masa penyimpanannya lebih awet dan cocok untuk yang tidak punya kulkas di kamar kost nya.


Yang Harus Diperhatikan Dalam Menyimpan Stok Makanan di Kamar Kostan :

1. Perhatikan Kadaluarsa

2. Hitung Kalorinya

3. Tidak Terlalu Sering Makan Makanan Instan

4. Jangan Simpan di Dekat Sinar Matahari


Demikian beberapa daftar stok makanan anak kost yang biasanya saya stok untuk di kosan, selain lebih praktis juga bisa digunakan sebagai stok makanan darurat kalau sedang akhir bulan atau sedang mau berhemat hihii tapi jangan sering-sering makan makanan instan ya, sesekali perlu masak juga terutama sayuran biar ada asupan nutrisinya!



1 komentar

  1. Komplit ya kak persiapannya. Ya, memang tinggal jauh dari keluarga itu bisa tidak bisa kita harus mandiri. Dengan mempunyai stok begini, tidak takut lapar kalau malam hari.

    BalasHapus