Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis-Jenis Alat Fitness Dan Kegunaannya

 

jenis-jenis alat fitness

Olahraga memang menjadi salah satu kegiatan yang wajib anda lakukan. Sebab, banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan olahraga secara rutin. Namun, sebelum kamu mulai nge gym, ada baiknya untuk tahu beberapa alat fitness dan kegunaannya dalam ulasan berikut ini.

Beberapa Jenis Alat Untuk Fitness Dan Juga Fungsinya

1. Sepeda Statis

sepeda statis


Alat olahraga pertama yang perlu anda tahu adalah sepeda statis. Alat fitness satu ini memiliki fungsi yakni untuk melatih bagian bawah tubuh. Sebut saja seperti paha, betis dan juga otot kaki dan lain sebagainya. Selain itu, untuk kamu yang ingin membakar lemak dan berlatih kardio juga bisa menggunakan alat fitness satu ini.

Dalam penggunaannya sendiri, kamu pun bisa dengan mudah untuk mengatur tekanan dan kecepatan dalam bersepeda sesuai dengan yang kamu inginkan. Dengan menggunakan alat olahraga satu ini, anda tidak perlu bersepeda keliling ruangan. Cukup berada di rumah atau tempat gym saja, maka kamu pun akan langsung bisa merasakan manfaatnya.

2. Bench Press

barbell bench press




Selain itu, kamu juga akan mengenal beberapa alat lain diantaranya adalah bench atau bangku yang merupakan tempat duduk yang terbilang cukup fleksibel. Dengan menggunakan alat satu ini, akan memiliki fungsi untuk melatih otot bahu, otot dada dan juga bagian belakang tubuh kamu.

Alat satu ini terdiri dari tiga jenis diantaranya adalah bencha datar atau flat bench, bench menurun atau decline bench dan juga bench menanjak dengan barbell sebagai pelengkap latihan. Untuk beberapa jenis bench tersebut nantinya akan bisa kamu atur sesuai dengan tujuan dari latihan ini. Kamu pun bisa memilih jenis bench sesuai dengan latihan yang kamu inginkan.

3. Barbell

barbell


Alat fitness dan kegunaannya selanjutnya adalah barbell. Barbell adalah besi dengan ukuran yang panjang dan juga memiliki ukuran yakni sekitar 1,2 meter hingga 2 meter. Dimana untuk masing masing ujungnya memiliki piringan beban atau yang dikenal dengan weight plates.

Dengan menggunakan alat ini untuk berolahraga, kamu pun nantinya akan bisa merasakan manfaatnya. Diantaranya yakni untuk melatih otot dada, melatih otot kaki, melatih otot bahu dan juga melatih otot punggung. Dengan beragam fungsi dan manfaat tersebut tentunya akan sangat baik bagi kamu yang ingin menjaga kebugaran tubuh.

4. Treadmill

treadmill


Treadmill juga menjadi salah satu alat fitness dan kegunaannya yang wajib kamu ketahui. Biasanya, ketika kamu pergi buat nge gym, alat ini memang akan bisa dengan mudah untuk kamu temui. Fungsinya sendiri tentu saja mampu untuk membakar lemak di dalam tubuh. Umumnya, kebanyakan orang akan menggunakannya untuk latihan jalan maupun sekedar lari di tempat.

5. Dumbbell

dumbbell


Selain barbell, kamu juga akan mengenal dumbbell ketika berada di pusat gym. Alat satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan barbell, namun dengan ukuran yang lebih pendek. Dumbbell ini sendiri hanya memiliki ukuran 10 hingga 15 inchi saja. fungsinya sendiri adalah untuk melatih otot besar dan otot kecil, khususnya bagian lengan. Dengan mengenal alat fitness dan kegunaannya ini tentunya akan bagus untuk kamu saat olahraga.

Itulah beberapa jenis alat fitness yang akan sering untuk kamu jumpai ketika sedang ngegym. Bahkan beberapa alat tersebut memang telah diperjualbelikan secara umum. Sehingga kamu pun akan lebih mudah untuk membelinya dan memakainya di rumah. Kamu pun bisa berlatih dan berolahraga di rumah. Dengan begitu, tubuh pun akan lebih sehat dan bugar apabila kamu berolahraga secara rutin.


Sumber :

verywellfit.com

fitandme.com

2 komentar untuk "Mengenal Jenis-Jenis Alat Fitness Dan Kegunaannya"

  1. Sementara ini di rumahku baru ada dumbell mbak. Pengen bgt pny treadmill biar bisa srg olahraga tanpa keluar rumah, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi aku jg pengen bgt punya treadmill sama sepeda statis

      Hapus