Budget Bisnis Kecil, Bisa Pakai Influencer Marketing ?

 

influencer marketing untuk bisnis budget kecil


Promosi lewat influencer banyak dipilih karena sistemnya yang praktis dan simple. Pelaku bisnis cukup mencari influencer dan menyepakati perjanjian tanpa kontrak kerja yang rumit. Setelah kesepakatan dicapai maka tinggal membayar biaya sesuai dengan perjanjian. Secara spesifik, ada beberapa alasan mengapa harus menggunakan jasa influencer, di antaranya :

·         Mencapai Target Brand Awareness

Influencer menawarkan brand awareness ke target pasar yang lebih luas. Mereka bisa menyasar konsumen secara spesifik sehingga pengoptimalan promosi bisa tercapai. Selain dibantu kemampuan komunikasi yang baik, loyalitas dari pengikutnya membuat hal ini sangat mungkin terjadi.

Netizen menaruh rasa penasaran yang besar terhadap influencer yang diikutinya. Mereka akan mencari info tentang keseharian influencer, mulai dari hal yang umum hingga masuk ke ranah spesifik. Secara tidak langsung, hal ini memberikan semacam kekuatan melalui pesan dan kata-kata. Sehingga, jangan heran jika bentuk promosi sederhana pun sangat efektif dalam meningkatkan brand awareness.

·         Lebih Dipercaya Konsumen

Dari sudut pandang konsumen, peran influencer cukup kredibel dan cenderung lebih dipercayai. Influencer dapat merepresentasikan suatu produk, khususnya berkaitan dengan bidang yang dikuasai. Selain itu, mereka pun dekat dengan followers sehingga konten yang dibuat lebih relate dengan kehidupan sehari-hari. Beberapa konsumen lebih menyukai promosi sederhana dibandingkan promosi “professional”.

Misalnya, influencer kecantikan berpotensi menarik interest konsumen ketika mempromosikan produk kecantikan. Atau, food influencer yang lebih dipercaya saat ia merekomendasikan tempat makan. Yang jelas, sebagai pelaku bisnis Anda pun harus menyesuaikan kebutuhan influencer dengan produk bisnis yang ditawarkan.

·         Tarif yang Sangat Fleksibel

Jasa influencer juga menawarkan biaya promosi yang sangat fleksibel. Masing-masing influencer tentu memiliki tarifnya tersendiri. Selain berkaitan dengan followers, tarif endors influencer dipengaruhi oleh jumlah konten yang akan dibuat. Semakin banyak konten yang dibuat maka harganya pun semakin mahal. Namun, hal tersebut bisa dinegosiasikan terlebih dahulu dalam perjanjian kerja. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam menyesuaikan biaya promosi dengan budget yang dimiliki.


Budget Bisnis Saya Kecil, Apakah Tetap Bisa Pakai Influencer ?

Bisa banget, terutama kalau bisnis UMKM pasti harus atur budget supaya bisa tetap dapat untung meskipun sebagian budgetnya dipakai untuk promosi bisnis. Untuk bisnis UMKM atau bisnis lain yang ingin promosi bisnis menggunakan influencer tapi dengan harga murah, bisa pakai micro influencer. Apa itu micro influencer? yaitu influencer dengan follower berjumlah puluhan ribu orang yang biasanya mereka ini tergolong influencer pemula, sehingga rate card-nya pasti tidak akan semahal rate card influencer yang lebih well-known. Namun micro influencer ini punya basis pengikut yang baik dan tentunya tetap bisa menghasilkan brand awareness untuk bisnis UMKM Anda.


Cari Jasa Influencer, Paid Promote dan Endorse Di Mana?

Sekarang sudah ada kok platform khusus pencarian influencer, baik itu untuk paid promote atau endorsement. Salah satunya yaitu INFINA yang merupakan platform micro influencer dan paid promote murah di Indonesia dengan mudah dan cocok untuk bisnis UMKM, ada paket Rp15.000 yang bisa dipakai mempromosikan produk yang dimiliki. Info lengkap mengenai Infina bisa dilihat di infina.id


Tidak ada komentar