Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami 5 Bahasa Cinta : Rahasia Hubungan Langgeng


5 bahasa cinta love language


Saya (saat menulis ini) belum berumah tangga tapi menurut saya ilmu mengenai relationship tidak melulu harus diimplementasikan dengan pasangan, tapi juga dengan orang-orang tersayang lainnya mulai dari sahabat, orang tua hingga kerabat dan keluarga. Saya cukup senang kalau membaca tips-tips mengenai relationship karena semua teori tersebut selalu bermuara dari yang namanya perasaan cinta, yang mana merupakan dasar atau fondasi yang diperlukan untuk hidup bersama-sama dengan manusia lainnya.

Daftar Isi

Tapi kali ini saya mau coba spesifik membahas relationship dengan pasangan. Saya telah merangkum 5 bahasa cinta yang perlu dipahami dari pasangan.

Apa itu Love Language ?

Love language atau bahasa cinta adalah ungkapan cinta dari seseorang melalui bahasa tubuh atau tindakan hingga perkataan dari pasangan. Menurut Dr. Gary Champman penting untuk memahami ekspresi cinta dari pasangan karena terkadang ekspresi tersebut sering disalahartikan atau disalahpahami.

Macam-macam Bahasa Cinta

Bahasa cinta perlu diungkapkan untuk meminimalisir miskomunikasi atau miskom yang sering terjadi antara pasangan yang sedang bertengkar. Walaupun memang ada banyak sekali hal yang menyebabkan pertengkaran pasangan suami istri, namun dari yang dikutip oleh fimela.com menyebutkan bahwa komunikasi adalah kunci utama dalam hubungan harmonis dalam rumah tangga. Berikut ini beberapa macam bahasa cinta.

Sebagaimana karakter orang itu berbeda-beda sehingga cara ekspresinya pun bisa berbeda-beda. Maka dari itu, kenali yuk beberapa love language berikut ini.

1. Words of Affirmations (Melalui Kata-kata)

Orang dengan tipe-tipe yang talkative atau senang bicara, mungkin akan menjadikan bahasa cinta ini  dominan di dirinya. Love language jenis ini biasanya diungkapkan dengan senang memuji atau memberi kata-kata semangat baik secara verbal ataupun tulisan. Misalnya dengan sering memberikan pesan "i love you" untuk pasangan.

2. Act Of Service (Pertolongan atau Tindakan Manis)

Mungkin tidak semua orang senang dengan bahasa cinta dengan metode kata-kata tadi, karena bisa jadi malah kamu dianggap gombal. Kalau begitu coba jenis love language act of service yaitu memberikan tindakan-tindakan manis seperti memberinya tumpangan, mentraktir atau pelayanan lainnya yang mungkin disenangi oleh pasangan kamu.

3. Quality Time (Senang Menghabiskan Waktu Bersama)

Love language tipe ini senang menghabiskan waktu bersama berdua di tempat yang disukai bersama tanpa diganggu siapapun. Kamu bisa mengobrol atau menonton bersama sambil ngemil bersama pasangan. Bahkan bisa saja kamu perlu mematikan smartphone kamu lalu benar-benar menikmati waktu berdua sambil mengobrol atau deep talk bersama pasangan.

4. Physical Touch (Sentuhan Fisik)

Orang dengan bahasa cinta physical touch ini biasanya senang memberikan sentuhan fisik yang romantis seperti menggenggam tangan, mengelus rambut atau memeluk pasangan.

5. Receiving Gifts (Memberi Hadiah)

Ada juga tipe orang yang mengungkapkan bahasa cintanya dengan memberikan hadiah yang tentunya dengan makna mendalam, seperti bunga mawar sebagai simbol cinta, atau memberi hadiah barang kesayangan pasangan yang juga menandakan orang ini sangat paham apa kesukaan pasangannya.


Selain mengungkapkan perasaan cinta melalui beberapa bahasa cinta di atas, ada baiknya juga tetap menjaga komunikasi dengan pasangan dan sebaiknya love language tersebut tidak diberikan secara berlebihan serta harus tahu tempat dan waktu. Misalnya jika pasangan kamu sedang sangat lelah dan ingin istirahat, maka bahasa cinta berupa pelukan bisa lebih dari cukup untuk menenangkan pasangan.

Jadi, diantara 5 bahasa cinta atau love language tersebut, mana nih yang paling sering kamu ungkapkan ke pasangan kamu?

Posting Komentar untuk "Memahami 5 Bahasa Cinta : Rahasia Hubungan Langgeng"