Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

 

kandungan skincare yang jangan digabung


Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan - Ketika kamu ingin menggunakan skincare, tentunya kamu perlu mengetahui bahwa terdapat beberapa kandungan yang tidak membolehkan untuk digunakan dalam waktu yang bersamaan. Hal ini dikarenakan dapat berakibat kandungan zat aktif tersebut bisa sebabkan iritasi apabila dipakai secara bersamaan. Untuk itu, kenali kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan di artikel ini ya, aku sudah rangkum dari beberapa sumber terpercaya.

Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

1. Retinol dan Benzoyl Peroxide

Kandungan pertama yang tidak boleh dicampurkan adalah retinol dan benzoyl peroxide. Bagi kamu yang memiliki masalah kulit yakni seperti jerawat, pastinya sudah tidak asing lagi dengan produk tersebut. Sebab, kedua skincare ini memang dikenal cukup ampuh dalam mengobati masalah jerawat.

Sehingga jangan heran jika banyak orang yang berjerawat menggunakan produk satu ini. biasanya akan digunakan secara berdampingan agar proses pengobatan jerawat dapat berjalan dengan maksimal. Namun, sebenarnya kedua bahan ini tidak boleh kamu gunakan secara berdampingan.

Hal ini dikarenakan keduanya jika digabung justru untuk mematikan khasiat zat aktif antara satu dengan yang lain. Sehingga akan membuat jerawat tak kunjung sembuh. Untuk itu, kamu pun bisa menggunakan benzoyl peroxide ketika pagi hari dan retinol ketika malam hari. Tapi jangan lupa pakai sunscreen di pagi hari ya !


2. AHA/BHA dan Vitamin C

Selanjutnya, mengapa tidak boleh untuk mencampurkan kandungan AHA/BHA dengan vitamin C. Sebab, jika keduanya dicampur tidak akan membuat kulit menjadi lebih halus. Melainkan kulit yang kamu miliki akan menjadi iritasi. Selain itu, juga ampuh untuk membuat khasiat keduanya menjadi menurun.

Hal ini dikarenakan vitamin C memiliki banyak kandungan antioksidan dengan asam aktif yang ampuh untuk melindungi kulit. Sehingga jika kamu menggabungkannya dengan AHA, maka hal tersebut akan memnggangu keseimbangan pH pada kulit. Dengan begitu, akan mengakibatkan fungsi antioksidan yang ada di dalamnya akan menghilang.


3. Retinol dan Vitamin C

Kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan selanjutnya adalah retinol dan vitamin C. Banyak diantara kamu yang menggunakan produk perawatan satu ini secara bersamaan. Namun, ternyata hal tersebut tidak dianjurkan karena memiliki kadar pH yang berbeda.

Umumnya, kedua bahan dari skincare satu ini memiliki tujuan untuk mengurangi kerutan dan juga noda hitam yang ada di wajah. Tak hanya itu saja, kedua kandungan ini juga mampu untuk membuat tekstur kulit menjadi lebih rata. Akan tetapi, keduanya memang tidak dianjurkan untuk digunakan secara bersama sama.

Sebab, jika digunakan secara bersamaan maka keduanya tidak akan bekerja secara optimal. Hal ini karena vitamin C akan diformulasikan pada lingkungan pH lebih rendah atau asam. Sedangkan untuk retinol akan bekerja di dalam kadar pH yang tinggi atau basa. Apabila kamu memang ingin tetap menggunakan keduanya, maka sebaiknya kamu menggunakan dalam jangka waktu yang berbeda.

Contohnya menggunakan vitamin C pada siang hari dan retinol pada malam hari. Hal ini dikarenakan dengan memakai skincare yang memiliki kandungan vitamin C di pagi hari, akan mampu melindungi tubuh dari terkena polusi dan paparan sinar ultraviolet. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengetahui kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan.

Itulah beberapa jenis kandungan yang terdapat pada skincare dan tidak boleh untuk digunakan secara bersama sama. Sebab, jika kamu menggunakannya dalam waktu bersamaan, maka akan mampu menimbulkan efek yang tidak baik bagi wajah. Contohnya seperti kulit menjadi mudah mengalami iritasi dan juga kondisi lain sebagainya yang merugikan.

Sebetulnya ada lebih dari 10 gabungan skincare yang harus dihindari, tapi disini aku coba rangkum beberapa gabungan skincare yang harus dihindari berdasarkan concern skincare problem kamu :

Jika kamu sedang pakai skincare pencerah dengan kandungan vitamin C, jangan ada gabunan ini di skincare routine kamu sebagai kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan :

1. Vitamin C dan AHA/BHA

2. Vitamin C dan Niacinamide

3. Vitamin C dan benzoil peroksida


Jika kamu sedang menggunakan skincare anti aging retinol, perhatikan kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan ini :

4. Retinol dan Vitamin C

5. Retinol dan AHA/BHA

6. Retinol dan benzoyl peroxide

7. Retinol dan asam salisilat


Jika kamu sedang menggunakan skincare anti jerawat atau skincare pengecil pori, perhatikan kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan ini :

8. Glycolic Acid dan Salicylic Acid

9. BHA dan benzoyl peroxide

10. AHA/BHA dan niacinamide

11. Benzoyl Peroxide + Hydroquinone


Punya kulit sehat tentu butuh modal skincare yang gak sedikit sih ya kadang-kadang, tapi kita harus perhatikan juga gabungan skincare yang kita pakai agar gak kecolongan :) 

Itulah artikel mengenai kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan.


sumber :

sehatq.com

cosmopolitan.co.id

womantalk.com


Posting Komentar untuk "Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan"