Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencuci Spons Makeup Yang Benar

 

mencuci spons makeup dan bedak

Spons memang menjadi salah satu alat make up yang kerap kali digunakan. Fungsinya sendiri, tentu saja untuk membalurkan bedak atau liquid foundation agar menempel di wajah. Namun, tahukah kamu jika tidak rajin mencuci spons akan bisa menimbulkan bakteri pada benda tersebut? Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa tips dan cara mencuci spons make up yang benar.

Langkah Langkah Mencuci Spons Dengan Benar

1. Menyiapkan Bahan Bahan Untuk Bersihkan Spons

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk membersihkan spons ini adalah dengan menyiapkan bahan bahannya terlebih dahulu. Disini kamu bisa menyiapkan wadah, air hangat dan juga sabun. Sebelum memulai untuk mencucinya, kamu bisa menuang air hangat ke dalam wadah atau mangkok.

Kemudian, barulah kamu bisa menuangkan sabun secukupnya ke dalam wadah yang berisikan air hangat tersebut. Selanjutnya, aduk hingga seluruh sabun tercampur. Disini, kamu bisa menggunakan sabun jenis apapun yang diinginkan. Namun, lebih baik jika kamu menggunakan sabun atau sampo bayi saja agar lebih lembut.  

2. Merendam Spons dan Menggosokannya Apabila Masih Kotor

Langkah berikutnya dalam tips dan cara mencuci spons bedak yang benar adalah merendamnya. Ketika kamu telah mencampurkan air dengan sabun, maka saatnya untuk merendam spons yang kotor tersebut. Disini, kamu bisa merendam dalam waktu kurang lebih 10 - 15 menit.

Selain itu, kamu juga bisa untuk mengira ngira kapan waktu yang pas untuk merendamnya. Sehingga warna air tersebut akan berubah menjadi sedikit kecoklatan layaknya warna foundation yang kamu gunakan. Kemudian, kamu pun bisa menggosokkan secara lembut bagian spons yang masih kotor ke dalam air tersebut.

Sebab, spons yang terlalu kotor biasanya tidak akan bersih jika hanya merendamnya saja. oleh karena itu,  kamu bisa menggosok gosok bagian yang masih kotor tersebut. Pasalnya, kotoran yang membandel di spons tersebut nantinya akan masih menempel di permukaan spons.

Kamu pun bisa menghilangkannya dengan menggosok bagian yang masih kotor tersebut dengan menggunakan sabun bayi yang padat. Caranya, gosok perlahan sabun bayi tersebut ke bagian spons yang kotor. Namun perlu kamu ingat bahwa jangan menggosoknya terlalu keras. Hal ini dikarenakan akan menyebabkan permukaan spons nanti akan menjadi rusak.

3. Bilas Spons Dengan Menggunakan Air Bersih

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan di dalam membersihkan spons bedak ini adalah dengan membilasnya menggunakan air bersih. Jika noda yang ada di spons telah hilang, maka kamu pun bisa membilas spons dengan menggunakan air hangat yang mengalir. Selain itu, gosoklah perlahan dan tekan tekan sposn tersebut dengan lembut.

Hilangkan busa busa atau sisa sabun yang masih menempel pada spons dan bersihkan hingga tak bersisa. Sebab, spons yang masih terdapat sisa sabun akan membuat wajah menjadi berjerawat. Setelah itu, kamu pun bisa mengeringkannya dengan menggunakan tisu dan menjemurnya di tempat yang kering (tapi jangan terlalu lama ya) sebelum menggunakannya kembali.

4. Mengeringkan Spons Dengan Benar

Setelah dicuci, tentunya perlu dikeringkan. Namun tidak seperti pakaian, mengeringkan spons makeup perlu perlakukan khusus agar tidak salah dan malah menjadikan spons rusak. Anda bisa mengeringkannya dengan lembut menggunakan angin dari kipas angin, pengering rambut atau hair dryer atau hanya menggunakan tisu kering. Selengkapnya tentang cara mengeringkan spons make up tinggal klik saja linknya.

Dengan mengetahui bagaimana cara mencuci spons bedak dengan baik dan benar, maka hal tersebut nantinya akan bisa untuk mencegah dari timbulnya jerawat. Sebab, sisa sisa foundation yang menempel di spons tentu saja akan menjadi tempat berkembangnya bakteri. Untuk itu, mencuci spons secara rutin  setidaknya sebulan sekali memang perlu banget.



Posting Komentar untuk "Cara Mencuci Spons Makeup Yang Benar"