Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Essential Oil Aromaterapi untuk Menghilangkan Stress Favoritku



Pandemi yang terjadi akibat wabah covid-19 membuat banyak orang menjadi cemas. Belum lagi dengan imbauan untuk tetap di rumah aja membuat masyarakat menjadi stres karena jenuh. Untuk itu, aromaterapi kini menjadi benda wajib untuk mengisi sudut sudut di dalam rumah lantaran dapat menjadi penyembuhan alternatif. Berikut macam aromaterapi untuk pereda stress dan anxiety.

Jenis Aromaterapi untuk Meredakan Stress dan Kecemasan

1. Lemon

source : shutterstock


Aromaterapi varian lemon memiliki wangi yang menyegarkan dan berkesan cheerful, sehingga mampu membangkitkan semangat bagi orang yang menghirupnya. Selain itu, aroma lemon juga dipercaya dapat meredakan rasa mual terutama pada ibu hamil. Tidak heran jika wewangian dari lemon banyak dimanfaatkan sebagai pengharum mobil.

Dengan adanya aroma lemon di dalam mobil maka diharapkan dapat meredakan rasa mual pada para penumpang akibat getaran kendaraan. Selain itu, aromaterapi lemon juga sangat cocok diletakkan di berbagai sudut di dalam rumah agar aromanya menyebar. Seperti di dalam kamar, kamar mandi, ruang tamu, maupun dapur.

Aroma lemon akan memberi ketenangan dan meningkatkan semangat ketika anda menghirupnya. Terlebih orang yang mengalami anxiety biasanya menjadi gelisah, dan tidak jarang membuat perut terasa mual hingga kram. Oleh karena itu, aroma lemon ini tentunya akan sangat membantu.

2. Lavender

source : shutterstock


Rekomendasi aromaterapi untuk pereda stress dan anxiety berikutnya yaitu aroma lavender. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aromaterapi satu ini, karena masyarakat Indonesia sendiri sangat sering menggunakannya pada berbagai produk wewangian. Dimana lavender ini memiliki aroma yang lembut dan juga tenang, sehingga bisa membuat seseorang menjadi lebih rileks.

Efek yang dapat ditimbulkan setelah mencium aroma lavender yaitu otot otot tubuh menjadi tidak kaku dan lebih renggang. Hal ini membuat perasaan cemas dan stress perlahan lahan hilang dan digantikan rasa nyaman. Selain dapat memberikan ketenangan dan perasaan rileks, aromaterapi lavender juga akan membantu mengusir nyamuk di rumah.

3. Rosemary

source : shutterstock


Rosemary terkenal secara luas sebagai salah satu rempah yang kerap digunakan dalam bumbu masakan. Namun rosemary ini ternyata juga bisa digunakan sebagai obat tradisional. Bahkan aroma kekayuannya yang sejuk dan tenang memiliki manfaat untuk membantu melawan stress yang tengah dirasakan oleh tubuh.

Rosemary ini menjadi aromaterapi untuk pereda stress dan anxiety seperti stress dalam pencernaan, perut kram, gas, hingga bloating. Di samping itu, dengan menghirup aroma rosemary, juga dapat menurunkan hormon kortisol yang ada di dalam darah. Dimana hormon kortisol ini adalah hormon yang menyebabkan seseorang menjadi stress.

4. Peppermint

source : shutterstock


Peppermint adalah salah satu tanaman herbal yang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Anda bahkan bisa dengan mudah menemukan kandungan peppermint di dalam berbagai produk yang dipasarkan secara luas, seperti shampo, sabun, parfum, pasta gigi, dan masih banyak lainnya.

Hal tersebut karena peppermint tidak hanya memiliki kandungan yang baik di dalamnya, tapi aroma peppermint rupanya juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi ketika seseorang sedang dalam keadaan stress. Itulah mengapa aromaterapi peppermint yang memiliki nuansa sejuk dan dingin sangat cocok ditempatkan di sudut sudut rumah dalam kondisi seperti ini.

Mengingat bahwa di tengah pandemi seperti sekarang banyak orang yang terpaksa work from home. Maka rasa dingin dari aroma peppermint yang menyegarkan ini bisa membantu menjernihkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Ditambah lagi peppermint ini juga dipercaya dapat meredakan kegelisahan dan perasaan kelelahan mental.

5. Mawar

source : shutterstock


Mawar merupakan bunga yang menjadi simbol keromantisan. Tidak hanya dari rupanya, namun aroma mawar yang begitu manis dan lembut memiliki kesan romantis yang begitu kuat. Inilah mengapa mawar bisa menjadi pilihan aromaterapi untuk pereda stress dan anxiety. Selain itu, aroma mawar sendiri diklaim mampu menyehatkan sistem pernapasan dan membantu kinerja saraf.

6. Melati

source : shutterstock


Selain mawar, bunga lainnya yang juga memberikan kesan romantis adalah melati. Bahkan aroma melati lebih kuat dibandingkan mawar. Aroma ini banyak digunakan sebagai obat alami dalam mengatasi kondisi psikis, seperti meningkatkan suasana hati, mengelola stress, sampai membantu meredakan nyeri pada wanita ketika menstruasi.

7. Basil

source : shutterstock


Masih satu keluarga dengan peppermint, basil juga memiliki aroma yang cenderung sejuk dan menyegarkan. Tapi lebih mirip dengan daun kemangi bila dibandingkan dengan peppermint. Oleh karena itu, selain digunakan untuk penambah rasa pada pasta ataupun salad, daun basil sangat cocok dijadikan sebagai aromaterapi untuk meredakan stress.

Aromaterapi untuk pereda stress dan anxiety satu ini bisa anda letakkan di ruang tamu atau tempat berkumpulnya keluarga. Sehingga setiap penghuni rumah dapat menikmati bersama aromanya. Selain menyegarkan pikiran, aromaterapi basil akan membantu menenangkan saraf orang orang di dalam rumah.

Itulah beberapa aromaterapi yang cocok untuk anda tempatkan di sudut sudut rumah dalam kondisi seperti ini. Wangi wangian alami ini akan membantu mengurangi perasaan stress, cemas, depresi, sampai menenangkan saraf anda. Dengan begitu, anda sekeluarga akan menjadi lebih positif dan rileks.


Posting Komentar untuk "7 Essential Oil Aromaterapi untuk Menghilangkan Stress Favoritku"