Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Essential Oil Agar Cepat Tidur dengan Nyenyak

 

essential oil untuk tidur nyenyak


Tidur yang tidak nyenyak dan berkualitas sampai insomnia, bisa membuat seseorang menjadi uringan uringan, merasa lelah sepanjang hari, bad mood, hingga memicu berbagai masalah kesehatan. Dalam hal ini, essential oil bisa membantu kamu mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut rekomendasi essential oil agar tidur lebih nyenyak yang bisa kamu gunakan.

Aromaterapi Essential oil untuk Tidur Lebih Nyenyak

1. Bergamot

Bergamot yang banyak tumbuh di Italia ini merupakan buah yang mirip dengan jeruk purut. Buah ini sendiri adalah hasil persilangan antara jeruk pahit dan buah lemon. Hasilnya, terciptalah bergamot yang adalah buah jeruk wangi dengan aroma citrus semerbak. Aromanya yang menyegarkan ini dan membuat pikiran menjadi lebih jernih dan segar.

Sehingga kamu yang sulit tidur nyenyak lantaran sering overthinking di malam hari, sangat cocok memilih bergamot sebagai essential oil yang ditempatkan di sudut ruangan kamar tidur. Terlebih aroma bergamot ini dipercaya dapat membuat perasaan lebih nyaman dan menyehatkan liver.


2.Vanilla

Lilin essential oil agar tidur lebih nyenyak yang paling populer salah satunya yaitu beraroma vanilla. Kerap kali diasosiasikan dengan perasaan positif seperti kebahagiaan dan kehangatan, vanilla memiliki aroma manis yang sangat menenangkan. Aroma vanilla ini membuat perasaan gelisah hilang dan tubuh lebih rileks, sehingga tidur pun akan lebih nyenyak.

Bahkan Sloan Kettering Cancer Center yang ada di New York, pernah menggunakan essential oil vanilla ketika hendak melakukan scan MRI pada para pasien. Mereka pun menyebutkan bahwa aroma dari vanilla ini dapat menenangkan perasaan gelisah saat pemeriksaan. Efek relaksasinya inilah yang membantu meningkatkan kualitas tidur dengan melepas ketegangan pikiran.


3. Frankincense

Selain vanilla, essential oil dengan wangi manis lainnya yang bisa kamu tempatkan di dalam ruangan kamar untuk meningkatkan kualitas tidur yaitu frankincense. Dimana frankincense ini sendiri biasanya berasal dari getah pohon boswellia sacra atau boswellia carterii. Sehingga wangi manis yang dihasilkan seperti bercampur dengan semerbak kayu.

Aroma manis dan semerbak kayu tersebut membuat otak merespon rasa rileks melalui sistem saraf dan mempengaruhi emosi. Sehingga perasaan menjadi lebih tenang dan nyaman ketika hendak tidur. Selain memberi rasa nyaman, essential oil frankincense juga dipercaya mampu memberi efek pada biologis tubuh seperti meningkatkan fungsi imun dan menjaga tekanan darah.


4. Skamulwood

Essential oil agar tidur lebih nyenyak juga bisa memadukan wangi kayu dan tanah secara bersamaan seperti pada essential oil skamulwood ini. Jenis seperti ini sangat cocok bagi kamu yang ingin tidur lebih nyenyak dengan wewangian, namun kurang menyukai aroma yang terlalu manis.

Bisa dibilang bahwa skamulwood ini memiliki aroma seperti petrichor, yaitu bau alami yang tercium ketika hujan turun ke tanah yang kering dan membasahinya. Dan seperti yang kamu ketahui, aroma sejuk petrichor tersebut sangat disukai kebanyakan orang karena memberi efek menenangkan.

Ingat bagaimana di cuaca hujan kamu akan lebih mudah mengantuk dan merasa lebih nyenyak dalam tidur ? Inilah yang akan terjadi ketika kamu menghirup essential oil skamulwood. Aroma skamulwood yang menenangkan ini akan meningkatkan tidur lelap dan mengurangi waktu terjaga di malam hari.


5. Chamomile

Apakah kamu pernah mendengar mengenai manfaat minum teh chamomile yang dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak ? Begitu pula dengan essential oil agar tidur lebih nyenyak pun bisa ditemukan pada chamomile ini. Bahkan chamomile sering digunakan sebagai wewangian parfum karena efeknya yang luar biasa.

Bunga chamomile mempunyai aroma yang lembut dan menenangkan, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai essential oil, baik untuk meningkatkan kualitas tidur maupun menghilangkan perasaan stress dan kecemasan. Pasalnya lilin essential oil chamomile sudah banyak terbukti secara signifikan dalam membantu tubuh menjadi lebih rileks.


6. Lily

Hampir semua jenis bunga lily memiliki aroma yang khas dan wangi dengan karakter manis serta lembut. Sehingga sama halnya dengan chamomile, lily juga cocok dijadikan sebagai essential oil. Dimana aromanya yang soothing mampu membantu menciptakan rasa tentram, tenang, dan aman.

Tentu tidak heran jika essential oil lily dapat mereduksi insomnia, dan membuat seseorang memiliki tidur yang jauh lebih berkualitas. Ditambah lagi, essential oil lily ini juga bisa membantu dalam kesehatan mental dan emosional. Sehingga kamu bisa menempatkannya di diffuser pada bedside table untuk menemani tidur di malam hari.


7. Marjoram

Terkenal dengan nama sweet marjoram, tanaman satu ini mempunyai aroma yang manis dan sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat permen. Selain dijadikan sebagai rempah, sweet marjoram cocok menjadi essential oil agar tidur lebih nyenyak. Karena selain manis, aromanya juga segar, bisa menenangkan pikiran dan menyebabkan rasa kantuk.

Dengan berbagai essential oil seperti yang telah disebutkan di atas, kamu bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dan mengurangi risiko insomnia. Pilih yang sesuai dengan selera kamu, seperti vanilla atau chamomile bagi kamu yang menyukai aroma manis, dan skamulwood atau bergamot bagi kamu yang lebih menyukai aroma segar dan sejuk.


Posting Komentar untuk "7 Essential Oil Agar Cepat Tidur dengan Nyenyak"