Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Tetap Produktif dan Waras Selama WFH

 



Halo semua !!

Kali ini aku mau kasih info yang semoga bermanfaat di masa pandemi ini, karena aku yakin gak sedikit dari kita yang ngalamin stress atau istilahnya sih katanya burn out selama WFH alias Work From Home (tapi kalau aku sih namanya jadi WFK aliasn Working From Kostan 😄 )


Aku udah banyak baca-baca dari literatur dan juga pengalaman orang-orang, dan udah sempet ikutan webinar juga yang membahas soal ini. Pada dasarnya sih kita harus bisa beradaptasi dengan kondisi saat ini, dan juga berupaya untuk senantiasa menjaga produktifitas dan kesehatan kita, baik itu fisik dan mental. (by the way, mudah-mudahan yang baca blog ini senantiasa sehat dan dikasih rezeki melimpah)

Tips Jitu Agar WFH tetap Lancar

Sejak pandemi Covid-19 melanda, banyak perusahaan yang membatasi para stafnya untuk bekerja di kantor dengan bekerja dari rumah. Istilah ini sering juga disebut dengan Work From Home (WFH). Karena perubahan gaya hidup tersebut, tak jarang banyak orang yang mulai lelah dan cemas. Untuk menghindarinya, berikut tips selama WFH agar tidak stres.


1. Tetap Terhubung Dengan Lainnya


Sebelum pandemi melanda, salah satu cara yang paling efektif dalam mempertahankan hubungan sosial adalah berkumpul bersama dan bertatap muka. Ini juga perlu dilakukan ketika WFH dengan cara tetap terkoneksi menggunakan sosial media. 

Meskipun sebagian interaksi tatap muka hilang, kamu harus menemukan cara alternatif untuk terhubung. Pertemuan virtual bisa menjadi solusi terbaik ketika bekerja di rumah. Berusahalah secara sadar untuk tetap berhubungan dengan orang orang sekitar,  bergabunglah dengan klub buku virtual, atau acara networking melalui Zoom.

Tak hanya itu aja, kurangnya komunikasi menjadi salah satu faktor besar dalam stres selama WFH. Tetap berhubungan dengan rekan kerja dan menghubungi atasan menjadi tips selama WFH agar tidak stres terkait ekspektasi kerja, tenggat waktu, atau produktivitas. 


2. Istirahat yang Cukup

Dengan pekerjaan yang dilakukan di rumah, maka kamu tak perlu lagi melakukan perjalanan pulang pergi. Karena alasan tersebut, mungkin kamu bisa memanfaatkan waktu ekstra dengan mencoba menjadi sangat produktif. Aspek ini juga merupakan cara tercepat untuk menghindari kelelahan kerja dari rumah.

Bekerja dari rumah memang memiliki keuntungan dan tantangan tersendiri. Maka dari itu, kamu bisa memaksimalkan waktu yang ada agar tidak kewalahan dalam bekerja dan menyeimbangkan pekerjaan rumah. Langkah yang dapat ditindaklanjuti yaitu bersikaplah sewajarnya aja. Ketahui batasan Kamu dan kerjakan apa yang dapat Kamu kelola secara realistis.


3. Mengatur Waktu Sebaik Mungkin

Ada banyak data yang menunjukkan sebagian staff perusahaan yang bekerja dari rumah cenderung bekerja lebih lama daripada di kantor. Ternyata bukan aku aja yang ngalamin ini, banyak yang ngalamin juga! Terkadang waktu bersama keluarga terganggu juga oleh pekerjaan, dan begitu sebaliknya ketika sedang menyelesaikan tugas kantor

Kecuali jika kita udah menetapkan batasan ketat antara waktu kerja dan waktu rumah, maka waktu bisa teratasi dengan baik sesuai jam kerja.  Tetapi itu tidak berlaku pada pekerja jarak jauh, sebab mereka cenderung melakukan jeda pada pekerjaan mereka. Oleh karena itu, tetapkan waktu mulai dan berakhir untuk hari kerja Kamu sebagai tips selama WFH sederhana.


4. Tetapkan Waktu Quality Time Untuk Perawatan Diri Sendiri

Perawatan diri memang bervariasi sih dari orang ke orang. Bagi sebagian orang, waktu untuk perawatan diri ini berarti menutup semua hal yang negatif dan terlibat dalam aktivitas positif untuk mendapatkan kebahagiaan serta kedamaian. Kamu bisa mengisi waktu untuk perawatan diri dengan berbagai kegiatan, seperti membaca buku yang bagus, bermain hewan peliharaan, atau mungkin kaya aku gini : nge-blog hehehe :D.

Untuk hiburan yang lebih baik, kamu bisa juga memilih untuk menonton film lucu lewat streaming di Youtube, Netflix, dll, atau menari dengan lagu favorit, bahkan memainkan game video terbaru. Jika ingin lebih sehat, maka lakukan meditasi, peregangan, atau berolahraga di rumah. Berhenti bekerja sepanjang waktu dan manjakan diri kamu dengan aktivitas menyenangkan bisa mengembalikan kewarasan kamu setelah bekerja. 


5. Tetapkan Rutinitas Harian

Tak kalah pentingnya, kamu juga perlu untuk menetapkan rutinitas harian yang teratur sebagai tips selama WFH sederhana agar pekerjaan bisa cepat selesai. Aturlah waktu mulai dari bangun pagi untuk mendapatkan pola pikir yang benar. Siapkan ruang kerja yang ditentukan dengan baik. Cara yang satu ini bisa membuat kamu lebih disiplin dalam melakukan pekerjaan.

Sebagai saran, cobalah untuk mempertahankan jam kerja tertentu dan batasi tugas kerja yang dapat menguras waktu pribadi Kamu. Jika sudah bisa mengatur jadwal kamu sendiri dan waktu bekerja dengan waktu tepat, ingatlah untuk menyisihkan waktu untuk istirahat teratur. Dengan begitu, pekerjaan kamu bisa menjadi lebih efektif tanpa mengurangi waktu pribadi. 


6. Minta Bantuan Jika Anda Membutuhkannya


Tidak peduli seberapa tenang kamu dalam menghadapi suatu peristiwa yang ada, faktanya stres dapat mempengaruhi tingkat produktivitas setiap orang. Hal ini mungkin dapat mempengaruhi di lingkungan kerja. Tapi ingat, masing masing orang akan memiliki kapasitas tersendiri dalam menghadapi berbagai hal, termasuk stres, kesehatan, dan lain sebagainya.

Namun, jika kamu merasa kewalahan, maka cobalah untuk berbicara dengan profesional kesehatan mental sebagai tips selama WFH agar tidak stres. Bisa dimulai dengan cari psikolog, manfaatkan layanan konsultasi kesehatan virtual lewat aplikasi-aplikasi kesehatan yang sekarang banyak banget tersedia. Jika itu terkait dengan pekerjaan, bicarakan dengan atasan atau manajer mengenai tenggat waktu atau proyek yang mungkin membebani kamu. Sehingga, kamu bisa mengatasi krisis tersebut dengan langkah yang tepat.

Sedikit pengalaman, aku juga pernah hampir resign karena merasa benar-benar udah gak nyaman dengan load kerjaan yang aku dapatkan. Untungnya bos aku baik banget dan beliau menyarankan untuk stay dan mulai mengatur load kerjaan dan membagi-bagikan ke tim satu divisi agar beban kerjaan lebih berat.

Terkadang, keputusan untuk resign bisa jadi hal yang baik sih untuk sebagian orang, tapi gak ada salahnya juga kalau kamu bisa bercerita dan membicarakan hal terkait pekerjaan kamu ke atasan kalau emang udah benar-benar gak nyaman.

Pada akhirnya, meluangkan waktu untuk memprioritaskan kesejahteraan kamu akan membantu kamu dalam pekerjaan di kantor dan di rumah. Sangat penting untuk memastikan bahwa kesehatan mental kamu tidak terganggu. Ingatlah jika bekerja juga membutuhkan waktu untuk beristirahat agar dapat mengembalikan produktivitas dengan baik. 


Akhir kata, aku harap pandemi ini segera berakhir dan kita bisa kumpul-kumpul lagi sama teman-teman, dan bisa jalan-jalan lagi ^_^


referensi :

halodoc.com

kompas.com

webinar "Stay Sane & Productive During Uncertain Time" with Mekari




Posting Komentar untuk "Tips Tetap Produktif dan Waras Selama WFH "