Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Tidak Mudah Kaku & Pegal Selama WFH

 


Selama masa Work From Home atau yang akrab dikenal dengan istilah WFH menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona. Sebab, dengan bekerja di rumah saja, anda pun akan mengurangi intensitas untuk bertemu banyak orang. Namun, justru bekerja di rumah ini malah membuat lelah. Lantas bagaimana tips tetap sehat selama WFH? Simak ulasannya disini!

Tips Bekerja Agar Tetap Sehat Selama Work From Home

1. Mengatur Posisi Duduk Agar Tetap Nyaman

Selama bekerja di rumah, tentunya tak sama dengan ketika anda bekerja di kantor. Hal mendasar yang perlu anda perhatikan adalah dengan mengatur posisi duduk sehingga tetap nyaman selama menjalani proses WFH ini. disini, anda bisa mengatur kursi supaya lebih nyaman di dalam bekerja.

Usahakan agar kursi yang anda gunakan memang layak dan membuat tubuh tak sakit. Kemudian, posisikan lengan untuk tidak terlalu jauh dari tubuh. Sebab, bahu akan lebih tertekan apabila lengan berada jauh dari tubuh. Selain itu, usahakan agar posisi kursi tidak terlalu jauh dari meja. Dengan begitu, otot tidak akan lelah apabila mengetik.

2. Pastikan Kaki Dalam Posisi yang Nyaman

Selain itu, pastikan juga posisi kaki dalam keadaan menyentuh lantai dan tidak menggantung. Untuk mengantisipasi kursi anda yang tinggi, anda pun bisa menggunakan bantal maupun sandaran kaki. Tak hanya itu, hindari untuk menyilangkan kaki ketika duduk lantaran dapat menghambat aliran darah dan membuat otot menjadi lebih kaku.

Salah satu tips tetap sehat selama WFH ini bisa anda lakukan di rumah. Dimana dengan posisi lutut ditekuk. Kemudian, bentuklah sudut setara dengan 90 derajat. Dengan duduk dalam posisi kaki yang menyentuh lantai dan tidak menggantung, tentunya akan membuat anda bekerja dengan lebih nyaman.

3. Memperhatikan Dengan Tepat Letak Keyboard

Ketika anda bekerja menggunakan keyboard eksternal, letak pada perangkat ini juga perlu untuk anda perhatikan. Disini, anda bisa memposisikan keyboard berada di depan layar komputer. Jangan lupa untuk memberikan jarak antara keyboard ke posisi yang ada di ujung meja yakni sekitar 8 hingga 10 cm.

Dengan begitu, anda pun akan memiliki ruang yang kosong bagi pergelangan tangan anda ketika sedang mengetik. Anda juga bisa untuk menambahkan sandaran tangan sebagai salah satu tips tetap sehat selama WFH. Ketika anda menggunakan sandaran tangan, tentunya akan mampu membantu pergelangan tangan untuk mengetik lebih rileks.

4. Mengatur Posisi Laptop atau Layar Komputer

Hal lain yang perlu untuk anda perhatikan ketika bekerja di rumah adalah mengatur posisi layar komputer. Selama bekerja dengan menggunakan laptop atau komputer, pastikan untuk memperhatikan jarak yang ada antara layar laptop dengan mata. Hal ini dikarenakan posisi layar dapat berpengaruh pada kenyamanan duduk dan kesehatan mata anda.

Dalam mendapatkan jarak antara layar komputer dan mata yang ideal. Caranya adanya dengan merentangkan tangan anda ke layar laptop. Pada ujung jari yang menyentuh laptop, maka itulah posisi yang pas untuk anda menatap layar laptop. Hal ini tentunya penting untuk anda perhatikan agar kesehatan mata tetap terjaga.

5. Taruh Benda Penting Pada Tempat yang Terjangkau

Biasanya ketika bekerja, anda tidak hanya akan membutuhkan komputer saja. melainkan terdapat benda benda penting lainnya yang harus berada di jangkauan terdekat anda. Sebut saja seperti ponsel, air minum, catatan atau notes dan juga alat tulis. Ketika anda sedang WFH, penting untuk meletakkan benda benda tersebut dekat dengan anda.

Hal ini bertujuan agar nantinya pergerakan tangan anda tidak terlalu besar. Sebab, pergerakan tangan yang terlalu jauh akan membuat otot tangan menjadi cepat lelah dibandingkan biasanya. Untuk itu, anda pun bisa mengatur sedemikian rupa sehingga benda benda tersebut dapat dijangkau dengan mudah.

6. Hindari Untuk Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama sangat tidak baik bagi kesehatan anda. Untuk itu, anda pun perlu untuk bergerak sesekali. Gunakan waktu istirahat sekitar 10 hingga 15 menit untuk meregangkan otot otot yang ada pada tubuh anda. Hal ini tentu saja akan membuat tubuh nantinya akan menjadi lebih rileks.

Tak hanya baik untuk otot, salah satu tips sehat selama WFH adalah memiliki waktu istirahat yang cukup. Terlebih lagi, ketika anda terlalu lama berada di layar laptop, hal ini akan membuat mata anda menjadi lelah. Untuk itu, penting beristirahat selama beberapa saat sebelum bekerja kembali.

Beberapa tips tersebut dapat anda lakukan sebagai salah satu cara untuk membuat tubuh tetap sehat meskipun menjalani WFH. Bekerja di rumah tentunya akan sangat berbeda ketika anda bekerja di kantor. Oleh karena itu, anda pun perlu melakukan beberapa hal yang akan membuat anda lebih nyaman bekerja ketika WFH. Salah satunya adalah memperbaiki posisi duduk agar tetap nyaman.

sumber :

kumparan.com

lifestyle.kompas.com


Posting Komentar untuk "Tips Agar Tidak Mudah Kaku & Pegal Selama WFH"