Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin Rusak Kulit, Ini Cara Cek Kadaluarsa Makeup Dan Ciri Cirinya!

 

CEK KADALUARSA MAKEUP



Dalam keseharian, sebagian besar wanita tidak lepas dari yang namanya penggunaan kosmetik untuk menunjang penampilan. Sayangnya, banyak dari mereka yang seringkali tidak memperhatikan waktu kadaluarsa makeup dalam pemakaiannya. Padahal makeup juga mempunyai masa habis pakai yang perlu diketahui. Bagaimana cara cek kadaluarsa makeup ? Simak ulasannya berikut.

List of content :


Ciri Kosmetik Kadaluarsa

Peraturan saat ini memang mengharuskan produsen produsen besar yang memiliki produk kosmetik untuk mencantumkan seputar informasi terkait tanggal produksinya, sampai dengan tanggal kadaluarsa makeup pada kemasan. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada juga produk yang dipasarkan tanpa informasi.

Oleh karena itu, anda yang gemar menggunakan makeup sebaiknya mengenali ciri ciri dari kosmetik kadaluarsa untuk penggunaan yang lebih aman. Karena sama halnya dengan makanan, kosmetik yang kadaluarsa pun dapat mengalami berbagai perubahan. Baik pada bentuk, tekstur, warna, sampai bau. Jika sudah terjadi perubahan tersebut, maka anda perlu segera menggantinya dengan yang baru.


Efek Buruk Penggunaan Kosmetik Kadaluarsa

Cara cek kadaluarsa makeup perlu anda ketahui dengan baik karena penggunaan kosmetik yang telah kadaluarsa tentunya dapat memberikan efek buruk. Bahkan meskipun produk kosmetik tersebut belum sampai mengalami perubahan tekstur, warna, atau bau. Namun jika sudah melewati batas waktu penggunaannya, maka kosmetik ini juga berisiko membahayakan kesehatan kulit.

Efek buruk yang paling sering terjadi adalah iritasi pada kulit, terutama jika kulit anda merupakan jenis sensitif. Makeup seperti foundation, bedak, sampai blush on yang diaplikasikan pada wajah bisa menyebabkan timbulnya jamur di kulit jika sudah kadaluarsa. Pun dengan lipstik yang sudah lewat masa best before date-nya, akan membuat bibir menjadi kering hingga melepuh.

Bahkan pada beberapa kasus, penggunaan eyeliner yang telah kadaluarsa juga membuat peradangan pada kulit, yang membuat kulit di sekitar mata menjadi bengkak. Semua bahaya ini juga dapat bertambah parah apabila penggunaan kosmetik masih dilanjutkan, seperti risiko kanker kulit dan lain sebagainya.

Masa Kadaluarsa Makeup

Cek Kadaluarsa Makeup

Setiap makeup produk punya masa expirednya masing-masing, itu semua tergantung dari bahan dasar dan kadar air dari makeupnya sendiri.. nah berikut ini beberapa makeup yang paling sering cewek pakai dan masa kadaluarsa beserta ciri-cirinya kalau udah expired :

1. Bedak Padat

Bedak padat atau berbagai kosmetik lainnya yang berbahan padat seperti blush on padat dan eyeshadow padat memiliki masa kadaluarsa yang cukup lama. Cara cek kadaluarsa makeup ini bisa dilihat dari teksturnya. Jika berubah menjadi lebih kering atau menjadi serbuk kasar, maka segera buang produk.

Untuk kosmetik yang berbahan padat sendiri, umumnya mempunyai masa kadaluarsa sampai 2 tahun apabila dijaga kebersihannya dengan baik. Hal ini karena kandungan air yang dimiliki jenis kosmetik seperti ini cukup rendah. Sehingga tidak begitu rentan akan pertumbuhan bakteri dan jamur.


2. Foundation Cair

Meski berbahan cair, yang umumnya lebih rentan mengalami pertumbuhan jamur dan bakteri. Namun kosmetik seperti foundation berbahan cair yang disimpan dalam tabung dengan pump, cenderung lebih tahan lama bila dibandingkan dengan produk yang memiliki kemasan tutup botol biasa.

Untuk foundation cair, masa pakainya yaitu antara 12 sampai 18 bulan. Setelah waktu tersebut, biasanya foundation akan mengalami perubahan tekstur. Yang mana cairannya akan terpisah atau warnanya memudar. Jika sudah begini, maka segera buang dan ganti produk dengan yang baru.


3. Maskara

Cara cek kadaluarsa makeup untuk produk maskara adalah dengan melihat bau dan teksturnya. Maskara sendiri memiliki masa pakai yang paling pendek bila dibandingkan dengan beberapa kosmetik lainnya. Sebab bagian dalam tabung maskara cenderung gelap dan lembap, sehingga cukup rentan mengalami pertumbuhan bakteri dan jamur.

Masa kadaluarsa maskara umumnya adalah 3 sampai 6 bulan setelah dibuka. Sebaiknya jangan menggunakan maskara di atas waktu tersebut, karena bisa berpotensi menyebabkan mata merah sampai infeksi mata. Mengingat bahwa penggunaan maskara sangat dekat dengan organ mata yang rentan. Selain itu, usahakan anda tidak sering berbagi maskara untuk mencegah penyebaran bakteri.


4. Eyeliner

Sama halnya dengan maskara, eyeliner juga menyentuh area mata yang rawan. Maka dari itu, penggunaan eyeliner juga harus berhati hati dan tidak boleh lewat dari masa best before date-nya. Untuk eyeliner cair, biasanya bisa digunakan sampai 6 bulan setelah dibuka. Sementara pensil eyeliner bisa digunakan sampai habis bila dirawat dengan baik.

Untuk merawat pensil eyeliner, anda perlu mempertajamnya secara teratur dan membersihkan pensi eyeliner tersebut dengan tisu alkohol secara berkala. Dengan begitu, maka eyeliner masih bisa digunakan sampai habis, dan mencegahnya berisiko terhadap infeksi mata atau lainnya.


5. Lipstick

Tidak jauh berbeda dengan eyeliner dan maskara, lipstick maupun lip balm normalnya mempunyai masa kadaluarsa 6 sampai 12 bulan setelah dibuka. Cara cek kadaluarsa makeup satu ini adalah dengan melihat teksturnya. Jika lipstick anda mengering dan cenderung terasa kesat ketika digunakan, maka segera buang.

Lebih mudahnya, anda bisa melihat tanggal kadaluarsa makeup langsung di kemasan produk. Karena banyak perusahaan besar yang telah memberikan informasi tanggal expired tersebut di label produk kosmetiknya. Bisa dilihat dari waktu produksinya, lama masa simpan produk, atau langsung best before date. Jadi, pastikan anda memperhatikannya sebelum menggunakan kosmetik.


Penyebab Makeup Lebih Cepat Kadaluarsa Dan Tidak Awet

Ada kalanya makeup kamu jadi lebih cepat masa kadalurasanya apabila disimpan di tempat yang terlalu lembab atau yang tidak higienis. Selain itu pemakaian makeup tools seperti kuas makeup atau spons bedak yang jarang dicuci juga bisa bikin kulit kamu kotor, lho! Bahkan bakteri yang ada di makeup tools bisa saja menyebar ke beauty product kamu. Jadi jangan lupa jaga kebersihan juga pas pakai makeup yaa sobat cantikkuuuhh.. 

xx


Sumber :

fimela.com

hellosehat.com


Posting Komentar untuk "Bikin Rusak Kulit, Ini Cara Cek Kadaluarsa Makeup Dan Ciri Cirinya!"