Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Efektif Belajar Online di Rumah untuk Menghadapi Ujian

 



Di masa pandemi seperti sekarang, banyak sekali kegiatan yang berkaitan dengan akademis yang mau tidak mau harus dikerjakan di rumah. Tak terkecuali dengan ujian tes masuk sekolah, tes masuk kampus hingga tes masuk kerja yang akhirnya dilakukan secara daring atau online. Hal ini membuat para peserta ujian menjadi harus lebih mempersiapkan dengan matang untuk menghadapi ujian tersebut.

Salah satu persiapan yang dilakukan oleh peserta ujian adalah mengikuti les atau tryout untuk mempelajari materi ujian serta latihan mengerjakan soal-soal ujian agar bisa lebih siap menghadapi ujian. Namun ada kalanya les atau tryout online ini cukup membosankan. Untuk itu, saya berikan beberapa tips agar belajar di rumah bisa tetap efektif sebelum mengikuti tes atau ujian.


1. Buat Jadwal Belajar

Ketika kamu mau fokus belajar untuk ujian, tetapkan terlebih dahulu jadwal belajar di rumah. Misalnya, kamu mau belajar di hari sabtu dan minggu dari pagi hingga siang, atau dari sore hingga malam. Buat jadwal yang sesuai dengan kebutuhanmu tanpa mengganggu aktifitas lain yang tidak kalah penting.

2. Siapkan Cemilan Secukupnya untuk Belajar

Beberapa orang ada yang lebih suka belajar sambil ngemil atau mendengarkan musik. Demi menciptakan suasana belajar yang senyaman mungkin, kamu bisa menyiapkan camilan ringan atau earphone untuk mendengarkan musik sambil belajar.

3. Kondisikan Tempat Belajar Senyaman Mungkin

Ada baiknya kamu menyiapkan tempat belajar senyaman mungkin, dan hindari belajar di atas kasur karena hal tersebut dapat mengurangi produktifitas kamu dan bisa membuat postur tubuh kurang baik selama di atas kasur sehingga bisa membuat kamu kurang fokus dan sulit berkonsentrasi (suara.com). Ada baiknya kamu belajar dengan meja dan kursi yang sudah ditata untuk belajar.

4. Selama Belajar, Non-Aktifkan Handphone

Handphone bisa menjadi pengganggu nomor satu selama kamu belajar, matikan handphone selama kamu sedang belajar agar bisa lebih fokus. Namun jika kamu belajar online menggunakan handphone, maka kamu cukup aktifkan mode silent di handphone agar tidak mudah terganggu ketika ada chat atau notifikasi masuk ke handphone.

5. Luangkan 45 Menit Sekali Untuk Istirahat

Meskipun belajar harus fokus, namun belajar juga perlu rileks. Ambil waktu luang setiap 45 menit sekali selama 10 menit untuk sekedar tiduran, atau jalan-jalan santai di rumah, ke kamar kecil, atau ngemil. Sebisa mungkin jangan bermain sosmed ketika istirahat, karena hal tersebut justru akan membuat kamu lebih mudah lelah. Oleh karena itu, melakukan aktifitas fisik akan lebih baik untuk membuat kamu lebih rileks ketika istirahat. Dan jangan lupa untuk hindari begadang, ya !

6. Pilih Situs Tryout Online dengan Soal dan Pembahasan Terlengkap

Salah satu situs untuk belajar dengan gudang soal dan pembahasan terlengkap adalah TRYOUT.ID. Kamu bisa mengunjungi situs ini untuk belajar tryout ujian apapun! Mulai dari tes masuk sekolah (SD, SMP, SMA), tes masuk kampus SBMPTN, tes masuk kerja (STAN, CPNS, dll). 

TRYOUT.id sebagai pusat pembelajaran soal + pembahasan terlengkap dan terbaik di Indonesia yang bisa memudahkan kamu untuk belajar menghadapi ujian di manapun dan kapanpun.

belajar di rumah bareng tryout.id

Di situs TRYOUT.ID ini, kamu bisa pilih 2 macam mode: mode belajar dan mode tryout. Di mode tryout, kamu bisa jawab soal dulu sampai selesai, kemudian akan diketahui di bagian akhir betul dan salahnya di nomor mana saja. Sedangkan mode belajar, di setiap soal akan langsung diberikan jawaban dan pembahasannya. Seru, kan?

TRYOUT.ID bisa banget jadi andalan kamu yang sedang mencari situs tryout online cpns atau tryout online sbmptn.

Kunjungi situsnya sekarang dan registrasi untuk mulai tryout online di rumah !


#tryoutID

#sponsored




Posting Komentar untuk "Tips Efektif Belajar Online di Rumah untuk Menghadapi Ujian"