Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Situs Buat CV Gratis Online Untuk Lamar Kerja

 

cv maker

Halo ..!

Ada beberapa alasan seseorang memutuskan untuk resign dan mencari lowongan pekerjaan, sehingga merasa harus membuat CV versi baru dengan isi yang lebih terupdate. Atau mungkin bagi kamu yang berstatus freshgraduate dan bingung saat mau bikin CV pertama kali? Sekarang sudah banyak platform yang menyediakan kemudahan untuk membuat CV lamaran kerja online gratis, salah satunya adalah CV Maker ini.

Akhirnya saya memutuskan mencari platform online yang tentunya free serta bisa lebih menghemat waktu saya untuk membuat CV.

Disclaimer : this is not a sponsored post, saya hanya ingin berbagi tutorial cara membuat CV pdf online free dengan mudah dan cepat untuk fresh graduate ataupun experienced. Keperluan tiap orang akan berbeda-beda, jadi mungkin saja tutorial ini tidak akan cocok bagi beberapa orang.

Situs CV Maker Cocok Untuk Siapa ?

Kalau saya lihat dari pilihan templatenya sih, CV ini lebih cocok untuk yang ingin membuat CV dengan template simpel dan yang ingin menonjolkan "isi" dari CVnya sendiri. Misalnya bagi yang sudah berpengalaman dan punya banyak kualifikasi/skill atau portofolio, maka akan lebih cocok kalau pakai template CV yang simple. Jadi CV Maker ini cocok buat yang sedang cari situs buat cv online gratis.

Cara Buat CV Gratis Online dan Mudah

1. Buka Situs CV Maker (cvmkr.com)

Ada banyak situs CV online yang saya coba satu per satu, at least  ada 4 situs yang saya coba dan hampir semuanya punya klaim gratis, tapi dari beberapa situs tersebut saya terkena jebakan betmen. Setelah capek-capek masukin data di template CV, gak tahunya setelah mau di download si platformnya nyuruh saya bayar :D :D. Nah, kalau cvmkr.com ini beneran web buat cv online gratis (tapi dia ada kasih pilihan premium juga sih). Bedanya cuma di pilihan templatenya saja, yang versi premium lebih "bagus" dan pro.

2. Buat akun di cvmkr.com

bikin akun di cvmkr.com


Seperti biasa, untuk bisa login tentunya harus punya akun dulu. Tinggal register menggunakan email pribadi anda dan masukkan password. Setelah itu anda bisa langsung masuk ke menu-menu yang ada di cvmkr.com (gak perlu verifikasi email, lho..).


3. Mulai Buat CV




Setelah masuk di cvmkr.com anda klik tombol "create a new CV" dan pastikan anda sudah menyiapkan data-data yang anda akan isi, khususnya data mengenai pengalaman kerja, deskripsi pekerjaan, kualifikasi hingga portofolio. Lalu anda tinggal isi nama CV (ini bisa diisi bebas saja, hanya akan berpengaruh ke nama filenya) dan pilih industrinya agar bisa disesuaikan dengan template.

4. Masukkan Informasi Pekerjaan





Di sebelah kiri, ada beberapa "menu" di CV yang nanti anda buat, yaitu : Basic Information, Work Experience, Qualifications, Education, interest dan References. Isi satu per satu dengan informasi yang anda punya. 

Kemudian ada juga di bagian bawahnya "add new section" untuk tambahan informasi yang ingin anda taruh, misalnya bisa ditambah menu "portofolio" atau "achievements"

TIPS :

  • Sebaiknya di bagian address line masukkan alamat general saja (misalnya Kebayoran Lama, Jakarta Selatan), tidak perlu alamat lengkap. 
  • Tidak masalah jika hanya mengisi Address Line 1, nanti address Line 2 dan 3 bisa dikosongkan dan yang nanti muncul di CV hanya address line 1.
  • Di template cvmkr.com ini tidak terdapat info Date of Birth. Saran saya isi Address Line 2 atau Address Line 3 dengan data tanggal lahir. (cara pengisiannya seperti di gambar ya)
  • Foto diri sebetulnya tidak mandatory, bisa diisi, bisa tidak. Saran saya sih tetap diisi ya.

5. Bisa Edit Menu CV Sesuai Kebutuhan






Hanya diri kita sendiri yang lebih mengerti bagaimana profile dan track record kita selama bekerja, jadi kita bisa sesuaikan CV kita sesuai profile kita. Uniknya di cvmkr.com ini kita bisa edit nama menu di CVnya (kecuali kalau Basic Information tidak bisa diedit namanya).

Misalnya saya mau edit menu "interests" menjadi "portofolio" . Menu lain juga bisa saja kamu edit namanya sesuai dengan keperluan. Dan jangan lupa ada menu "add a new section" jika kamu merasa perlu menambah data atau informasi diri.


6. Setelah Diisi Semua, Cek Dulu Tampilan CV di "Quick Preview"

Jangan lupa di "Save" setelah diisi semua datanya, lalu anda bisa melakukan preview. Di menu Quick Preview, anda bisa memilih berbagai template, namun tentunya hanya bisa pilih template yang free. Dicoba saja satu per satu templatenya, mana kira-kira yang paling bagus dan cocok dengan Anda? Saya lebih suka template Metro karena benar-benar simple and to the point.


Pilih salah satu jenis template, lalu pilih OK. Nanti kira-kira hasil previewnya seperti ini (nanti bisa di scroll down untuk lihat lebih lengkap CV anda) :



Jika sudah yakin dengan template pilihan, klik close, dan klik save and download. Saya sarankan pilih tipe file PDF dengan size A4.


Mudah dan simpel sekali, namun tentunya jenis CV seperti ini bisa jadi tidak cocok dengan kebutuhan beberapa orang, mungkin ada yang lebih suka CV yang nyentrik atau yang full color ketimbang jenis CV yang simpel seperti ini.

Namun dengan CV seperti ini, sudah saya buktikan CV saya "HRD Aprroved" karena saya sudah mendapat beberapa panggilan interview menggunakan CV ini. Lagipula saya yakin isi dari CV anda lebih penting daripada tampilan CV anda semata.

Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Situs Buat CV Gratis Online Untuk Lamar Kerja"

  1. Ya ampun.. Ternyata ada cara mudah ya buat cv.. Dulu pake minta minta temen buat dicontek.. Hehe

    BalasHapus