Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Situs Loker Freelancer + Tips Cari Kerja Freelance

 



Masa pandemi yang telah berlangsung lebih dari setahun ini, tentunya memiliki imbas yang signifikan terhadap perekonomian di Indonesia. Beberapa karyawan pun terkena dampak, mulai dari pendapatan menurun hingga PHK. Sehingga, freelance dapat menjadi alternatif untuk mencari tambahan penghasilan. Berikut ini akan diulas situs kerja freelancer yang bisa anda coba.

Beberapa Pekerjaan Freelance yang Bisa Dikerjakan di Rumah

1. Penulis Lepas

Jika anda memiliki keahlian untuk menulis, tak ada salahnya bergabung dan menjadi kerja freelance di bidang satu ini. Sebab, banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan penulis. Sebut saja seperti script writing, content writing hingga review. Untuk melihat kemampuan yang dimiliki biasanya situs pencari kerja akan meminta contoh tulisan yang pernah anda kerjakan.

2. Penerjemah

Apabila anda memiliki kemampuan dalam berbahasa asing, ada baiknya kembangkan bakat tersebut. Salah satunya dengan menjadi freelance penerjemah. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ada banyak hal yang bisa anda terjemahkan, mulai dari dokumen, jurnal ilmiah bahkan hingga literatur.

3. Guru Online

Dengan perkembangan teknologi dan banyaknya situs kerja freelancer yang bertebaran di internet, anda pun bisa menjadi guru online. Pasalnya, terdapat aplikasi online sebagai bentuk pembelajaran untuk murid. Ditambah lagi, pada masa pandemi yang tidak boleh melakukan tatap muka, mengajar online menjadi salah satu alternatif pekerjaan yang bisa dicoba untuk menambah penghasilan.



Tips Mencari Kerja Freelance Online

1. Membuat Portofolio dan Membangun Personal Branding yang Baik

Bagi anda yang ingin menjajal sebagai freelancer, hal yang anda butuhkan adalah portofolio. Dengan adanya portofolio akan memudahkan anda untuk mendapatkan pekerjaan. Jika anda seorang penulis, tak ada salahnya untuk membuat blog berisi kumpulan tulisan yang pernah anda buat. Sehingga ketika pencari kerja melihat blog yang anda miliki akan tertarik untuk bekerja sama.

Selain itu, anda juga perlu untuk membangun personal branding yang baik ketika ingin berkecimpung di dunia freelance. Dengan personal branding yang baik akan bertujuan untuk membuat siapa saja ingin bekerja sama dengan anda. Personal branding yang bagus tersebut dapat dibangun melalui website atau media sosial yang anda miliki.

2. Mengenali Target Pasar

Sebelum mencari situs kerja freelancer, sebaiknya anda juga mengenali target pasar atau klien anda. Dengan adanya target pasar tersebut, akan membantu anda untuk bisa mengenali strategi pasar yang tepat atau penawaran harga yang sesuai. Contohnya ketika anda merupakan freelance writer, tentunya target pasar yang anda tuju adalah klien yang memiliki website.

Daftar Situs Freelance Online

1. Upwork

Upwork situs cari kerja freelance


Upwork merupakan salah satu situs freelance terbesar, sehingga anda pun bisa dengan mudah untuk menemukan klien. Dengan memiliki 12 juta pencari kerja dan 3 juta klien yang tersedia membuat anda bisa menemukan pekerjaan freelance sesuai dengan bidang yang dimiliki.

Selain itu, Upwork juga memiliki berbagai macam fitur yang mampu untuk mendukung karir anda di dunia freelance. Dengan adanya pembuatan invoice dan juga collaborative space. Keunggulan lainnya adalah sistem pembayaran yang fleksibel dan tergantung dengan kesepatakan membuat anda lebih mudah dalam mencari pekerjaan.

2. Sribulancer

Sribulancer situs cari kerja freelance


Situs kerja freelancer terbaik selanjutnya adalah Sribulancer. Disini anda bisa menemukan banyak sekali jenis pekerjaan. Mulai dari menulis artikel, desain grafis dan lain sebagainya. Selain itu, Sribulancer juga menjadi situs penyedia jasa freelance yang memiliki pembayaran dengan sistem transfer bank, sehingga dinilai lebih memudahkan.

3. Projects.co.id

Projects.co.id situs cari kerja freelance


Bagi anda yang ingin mencari website untuk mencari kerja freelance, projects.co.id dapat anda coba. Pasalnya, berbagai jenis pekerjaan dapat anda temukan di situs ini seperti jasa tulisan, desain, programming hingga audio maupun video. Selain itu, pada website ini anda juga bisa untuk melakukan kegiatan jual beli berbagai macam produk digital.

4. Freelancer.co.id

Freelancer situs cari freelance indonesia


Perbedaan situs ini dengan situs kerja freelancer lainnya adalah ada diharuskan untuk membayar jika ingin menjadi anggotanya. Namun, anda tak langsung disuruh membayar melainkan setelah anda mengajukan sekitar 8 proposal pada pencari jasa. Selain itu, bagi anda yang pemula situs ini memang layak untuk dicoba.

5. Sribu

Sribu situs freelance indonesia


Sribu atau yang dikenal dengan SribuDesign menjadi salah satu situs kerja freelancer yang bisa anda gunakan. Bagi anda yang memiliki keahlian di bidang desain grafis, situs satu ini sangat cocok untuk anda. Disini akan ada banyak sekali klien yang mencari berbagai macam jenis desain grafis. Dengan adanya sistem kontes membuat anda bisa menambah portofolio sekaligus hadiah dari Sribu.

Beberapa situs tersebut dapat anda jadikan alternatif untuk mencari kerja. Pasalnya, di masa pandemi yang tidak menentu ini, freelance menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ditambah lagi, ketika bekerja secara freelance anda pun bisa mengerjakan pekerjaan tersebut di rumah saja.

2 komentar untuk "Daftar Situs Loker Freelancer + Tips Cari Kerja Freelance"

  1. wah.. keren juga yah, selama ini saya hanya menggunakan project.co.id, selain itu paling lewat blog, tapi memang banyak pilihan untuk menambah penghasilan melalui freelance..

    BalasHapus
  2. Menarik sekali informasinya, saya juga lagi bikin usaha sampingan freelance tapi masih sebatas instagram, menarik juga dicoba nih biar jangkauan lebih luas lagi

    BalasHapus