Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Perawatan Untuk Yang Habis Pasang Kawat Gigi

Source : doktersehat.com



Saat ini, kawat gigi atau behel sudah menjadi salah satu lifestyle, karena selain bisa memperbaiki susunan gigi, juga bisa mempercantik wajah. Seringkali susunan gigi yang rapi juga bisa menjadi daya tarik tersendiri, lho! Setelah anda memutuskan untuk memasang kawat gigi, anda tidak boleh lupa akan perawatan pasca pemasangan behel atau kawat gigi. Jika anda malas membersihkan gigi yang sedang dipasang behel, jangan harap kesehatan gigi dan mulut anda bisa terjamin. Yuk cari tahu apa saja perawatan yang perlu dilakukan untuk kawat gigi yang tepat :

Hindari Mengonsumsi Keripik dan Permen Karet !

Mengunyah makanan yang renyah memang enak, namun hati-hati jika terlalu sering apalagi jika makanannya terlalu keras. Makanan lengket seperti permen karet juga sebaiknya dihindari karena bisa merepotkan anda ketika membersihkan sisa makanan di sela-sela kawat gigi. Dua jenis makanan ini akan masuk ke sela-sela bracket dan akan sangat sulit untuk dibersihkan. Cobalah terbiasa makan makanan yang lembut dan tidak terlalu keras untuk menjaga kebersihaan sela-sela gigi yang sedang dipasang kawat.

Gunakan Pasta dan Sikat Gigi Khusus Untuk Gigi Berkawat

Dikarenakan susunan behel yang melekat pada gigi membuat aktivitas dalam menggosok gigi menjadi lebih sulit, sehingga diperlukan sikat dan pasta gigi yang khusus untuk menyikat gigi anda. Biasanya sikat gigi yang dibutuhkan bentuknya kecil dengan bulu sikat yang lebih halus. Bulu tersebut akan membuat bracket dalam gigi anda aman dan tidak mudah lepas saat menggosok gigi. Selain itu gunakanlah pasta gigi yang ada kandungan fluoride di dalamnya.

Gunakan Dental Floss untuk Membersihkan Sela Gigi

Selain menyikat gigi Anda juga diwajibkan untuk membersihkan sela-sela gigi menggunakan pembersih khusus. Dokter akan menyarankan untuk membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi atau dental floss yang banyak dijual di pasar swalayan. Tujuannya adalah agar tidak menimbulkan plak atau karang gigi sehingga perawatannya lebih maksimal.


 

Gunakan Obat Kumur Anti Bakteri

Setelah pasang kawat gigi tidak dianjurkan untuk mengabaikan perawatan gigi dan mulut. Perawatan yang kurang maksimal akan menyebabkan berbagai macam masalah muncul yang mana mampu mengganggu kesehatan gigi dan mulut. Salah satu perawatan gigi dengan behel yang tidak boleh dilupakan adalah menggunakan obat kumur. Fungsi dari obat kumur tersebut berguna untuk menghilangkan bakteri yang bisa menyebabkan berbagai macam masalah seperti bau mulut, gigi berlubang, dan lain sebagainya.

Kontrol Rutin ke Dokter Gigi

Supaya Kamu tidak hadapi permasalahan gigi serta mulut hendaknya senantiasa melangsungkan kontrol di dokter gigi teratur sebulan sekali. Karena di setiap tiap bulan kawat gigi berpotensi mengalami perenggangan sehingga dibutuhkan pergantian ukuran kawat gigi tersebut. Upayakan untuk menjadwalkan secara rutin dengan dokter gigi yang pertama kali menangani kawat gigi anda supaya memperoleh perawatan serta penindakan yang maksimal, karena dengan dokter yang sama akan lebih mempermudah perawatan kawat gigi. Di dalam catatan dokter giginya pun biasanya tertulis rekam medis anda, dimana jika berganti dokter rekam medis Anda sebelumnya tidak akan terlihat. Demikianlah beberapa perawatan saat pasang kawat gigi yang penting untuk Anda perhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

1 komentar untuk "Tips Perawatan Untuk Yang Habis Pasang Kawat Gigi"

  1. PR kalau masang behel itu adalah perawatannnya. Soalnya bagian gigi jadi kerap kurang bersih saat penyikatan perlu dibersihkan sela2nya agar tidak menjadi sarang kuman.

    BalasHapus