Bercermin Dari Pengalaman Orang Lain.


Yang namanya manusia, doyan bgt dijailin setan yah. Mulai dari tergoda utk ngelakuin hal2 yg berlebihan sampai dibuat acuh tak acuh terhadap kondisi yg membutuhkan peran kita.
Tp tentu saja ga bisa nyalahin siapa2, toh yg bertanggung jwb sama diri ini ya diri ini sendiri. Ada bnyk cara bagi manusia utk bisa berubah, asal semuanya diawali dgn kemauan yg tinggi. Dan kemauan ini sendiri dimulai dari motivasi kita knp kita harus berubah, apa untungnya dan efeknya buat kita.
Sebenernya kita udah cukup dewasa utk bisa disebut dewasa secara teori, karena secara teori kita tau bahwa kita ga boleh ini ga boleh itu. Tapi ada satu hal yg bagi saya hal ini tuh bikin hidup kita benar2 hidup. Yakni bercermin menggunakan keburukan org. Lah kok bisa?
Ada seseorang atau sy sebut aja selebtwit yg bilang begini:
"I learn much more lessons from people with doubts rather than from those who think they know everything"
Tp, quote itu jg mengingatkan saya akan pengalaman dmn ketika sy melihat org yg berbuat buruk, rasa2nya diri ini langsung tercubit jg gara2 jd teringat bahwa dulu jg sy pernah ngelakuin itu, artinya secara ga langsung justru pribadi org2 yg tampaknya kurang bahagia itu justru ngasih motivasi tersendiri bagi sy bahwa hidup itu jgn seperti itu lho, harus semangat dan ttp fokus ke depan.
Tp tentu saja ada jg peran org2 baik yg bnr2 berhasil mempengaruhi sy, biasanya org2 yg super kalem dan lembut lah yg cocok deketan sama sy, biasanya klo udah deket sama yg kalem2 nih maka petuah apapun yg keluar dr mulut beliau pasti langsung nancep dan sy pun termotivasi utk ngelakuin hal tsb.
Intinya sih, bersyukur bgt deh bisa mengalami bnyk interaksi dgn org2 yg beragam kepribadiannya, but sometimes we need to not get closer with someone yg punya medan kuat dlm menularkan kepribadian buruk.
Bener apa kata org, kualitas pribadi kita kadang dpt dilihat dr dgn siapa kita berkawan.

Tidak ada komentar